Bagikan:

JAKARTA - Honda akan memamerkan Truk Konsep Hidrogen Fuel Cell Kelas 8 di pameran Advanced Clean Transportation (ACT) Expo pada 20 Mei ini. Truk ini menjadi penanda dimulainya proyek baru yang bertujuan untuk produksi masa depan produk bertenaga fuel cell untuk pasar Amerika Utara.

Honda, dikutip dari rilis perusahaan, 20 Mei, tengah mencari kolaborasi bisnis baru seiring perusahaan memperluas bisnis hidrogennya untuk mencapai tujuan global tanpa dampak lingkungan, termasuk mencapai netralitas karbon untuk semua produk dan aktivitas perusahaan pada tahun 2050.

“Kendaraan komersial, termasuk truk Kelas 8, di mana fuel cell menawarkan pengganti tanpa emisi terbaik untuk aplikasi diesel yang ada, adalah bagian penting dari strategi bisnis hidrogen Honda yang luas,” kata Ryan Harty, asisten wakil presiden, keberlanjutan & pengembangan bisnis, American Honda Motor Co., Inc. 

“Honda secara aktif mencari kolaborasi bisnis dan pelanggan untuk membantu membawa solusi fuel cell hidrogen ini ke pasar di sini di Amerika Utara.”

3

Truk konsep Honda Kelas 8 yang beroperasi ditenagai oleh tiga sistem fuel cell (FC) Honda yang baru, sekarang diproduksi massal di Fuel Cell System Manufacturing, LLC (FCSM), fasilitas produksi joint venture dengan General Motors (GM) di Brownstown, Michigan. Sistem FC baru ini adalah kunci dari strategi bisnis hidrogen Honda. Dikembangkan bersama oleh Honda dan GM selama dekade terakhir, sistem FC Honda meningkatkan kinerja dan menggandakan daya tahan sambil mengurangi biaya hingga dua pertiga dibandingkan dengan sistem generasi sebelumnya.

3

Honda telah mengidentifikasi empat domain inti untuk penggunaan awal sistem fuel cell barunya: kendaraan listrik fuel cell (FCEV), kendaraan fuel cell komersial, pembangkit listrik stasioner, dan peralatan konstruksi.

Selain pameran Honda di ACT Expo, Harty akan memberikan presentasi utama di Ultra Clean Heavy-Vehicle Vehicle Summit pada 22 Mei untuk memberikan rincian lebih lanjut tentang rencana hidrogen Honda.

Spesifikasi Truk Konsep Hidrogen Fuel Cell Kelas 8

  • Panjang/Lebar/Tinggi Total: 8.000 mm / 2.400 mm / 4.000 mm
  • Berat Kombinasi Gross (GCW): 37.273 kg (Berat Target Truk: 12.918 kg, Berat Muatan Target: 24.355 kg)
  • Kecepatan Tertinggi: 112 km/jam (Perkiraan)
  • Jarak Tempuh: 643 dengan GCW (Perkiraan)
  • Output Sistem Fuel Cell: 240 kW gabungan (80 kW x 3 sistem FC)
  • Tangki Hidrogen: Tangki Hidrogen 700 bar bertekanan tinggi 82kg-H2
  • Baterai Kendaraan: Baterai Tegangan Tinggi 120 kWh.