Sony Segera Bangun Pabrik Chip di Kumamoto, Isi Pasar yang Ditinggalkan AS
Sony Group Corp sedang mempertimbangkan untuk membangun pabrik baru (foto: twitter @sony)

Bagikan:

JAKARTA - Sony Group Corp sedang mempertimbangkan untuk membangun pabrik baru untuk membuat sensor gambar smartphone di prefektur Kumamoto Jepang. Hal ini pertama kali dilaporkan oleh media Jepang, , Nikkei pada Kamis, 15 Desember.

Menurut laporan itu Sony berencana untuk membangun pabrik segera setelah 2024, dan membuatnya online paling cepat pada tahun fiskal 2025. Mereka menambahkan perusahaan mengharapkan biaya mencapai miliaran dolar.

Sony tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters, tentang laporan ini.

Jepang, yang telah lama kehilangan keunggulan dalam pembuatan chip, terutama semikonduktor canggih, bergegas mengambil keuntungan setelah Washington membatasi akses Beijing ke teknologi tersebut dan meminta sekutunya untuk melakukan hal yang sama.

Bulan lalu, kementerian industri dan perdagangan Jepang mengatakan akan menginvestasikan 70 miliar yen (7,9 triliun) di Rapidus, pembuat chip baru yang didukung oleh pemerintah negara tersebut dan dipimpin oleh perusahaan teknologi termasuk, Sony dan NEC Corp.

 Sony berencana untuk mengambil chip dari pabrik chip Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC) yang direncanakan di area tersebut.