Bagikan:

JAKARTA – Jaksa federal di Manhattan mengumumkan pada Senin, 7 November bahwa Otoritas di Amerika Serikat sedang mencari perintah penyitaan untuk Bitcoin yang bernilai lebih dari 1 miliar dolar AS, yang dicuri dari pasar online Silk Road pada tahun 2012.

Dalam penyitaan terbesar kedua dalam sejarah Departemen Kehakiman, penegak hukum menyita 50.000 Bitcoin selama pencarian November 2021 di Gainesville, Georgia, rumah James Zhong.

Zhong pada Jumat 5 November telah mengaku bersalah atas penipuan kawat yang menipu sistem pemrosesan Silk Road untuk melepaskan dana ke rekeningnya.

Bitcoin pada saat itu bernilai lebih dari 3 miliar dolar AS, tetapi nilai cryptocurrency ini telah kehilangan sekitar dua pertiga dari nilainya.

Silk Road disita oleh pemerintah AS pada tahun 2013, ketika para pejabat menggambarkan situs bawah tanah sebagai pasar obat-obatan terlarang dan pencucian uang yang masif.

Pembuat situs web Ross Ulbricht dihukum pada tahun 2015 atas tujuh tuduhan yang memungkinkan penjualan obat-obatan terlarang melalui Bitcoin. Dia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup, dan kalah dalam upaya banding pada tahun 2017.