Eksekutif Polkadot: DOT Telah Berubah dari Sekuritas Menjadi <i>Software</i>
Koin utama Polkadot, DOT, telah berubah menjadi non-sekuritas. (Foto; Dok. Bithub)

Bagikan:

JAKARTA – Salah satu petinggi Polkadot (DOT), baru-baru ini menyindir regulator AS, Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) dengan menyatakan bahwa token asli Polkadot yaitu DOT telah mengalami perubahan dari sekuritas menjadi perangkat lunak atau software. Oleh karena itu DOT tidak lagi dianggap sebagai sekuritas.

Hal tersebut disampaikan oleh Daniel Schoenberger, kepala hukum Web3 Foundation. Menurutnya, DOT bukan lagi sekuritas karena telah berkembang menjadi perangkat lunak, oleh karena itu ia tidak berada di bawah yurisdiksi badan regulasi SEC.

“Selama bertahun-tahun, kami telah mengembangkan apa yang kami yakini sebagai teori yang bisa diterapkan tentang bagaimana morphing token dapat dicapai untuk proyek yang semakin terdesentralisasi, seperti Polkadot, dan aset digital yang, selain telah ditawarkan dan dijual pada awalnya untuk tujuan penggalangan dana, tidak, dengan sendirinya, memiliki karakteristik seperti sekuritas. Kami telah berbagi teori ini berkali-kali dengan SEC...” ujar Schoenberger, melansir DailyHodl.

“Konsisten dengan pandangan yang telah kami bagikan dengan staf SEC, kami dengan senang hati mengumumkan bahwa DOT, aset digital asli dari blockchain Polkadot, telah berubah. Dalam pandangan kami, penawaran dan penjualan DOT saat ini bukanlah transaksi sekuritas, dan DOT bukanlah keamanan. Ini hanyalah perangkat lunak,” tambahnya.

Schoenberger mengatakan bahwa sementara DOT bisa dianggap sebagai sekuritas pada awalnya, tim di belakangnya memastikan bahwa mereka melakukan semua yang mereka bisa untuk mengubahnya, termasuk berbicara dengan SEC.

"Apa pun yang diperlukan agar DOT, token asli dari blockchain Polkadot menjadi - atau menjadi - non-sekuritas, kami bersedia melakukannya. Jadi, kami memutuskan untuk mencoba mengambil staf FinHub [Strategic Hub for Innovation and Financial Technology] SEC atas tawaran untuk 'masuk dan berbicara dengan kami'."

Eksekutif melanjutkan dengan mengatakan bahwa SEC terbuka dan bersedia berkomunikasi, memimpin Web3 Foundation untuk menciptakan solusi bagi masalah yang mungkin dimiliki badan pengatur tentang transformasi DOT.

"Pengalaman kami sangat positif. SEC telah menyambut baik pertemuan dengan Web3 Foundation, dan ada semangat komunikasi dan dialog terbuka. Interaksi yang terus berlangsung tersebut telah memberi kami pemahaman yang lebih mendalam mengenai beberapa kekhawatiran SEC dan telah membantu kami mengembangkan solusi untuk mengatasinya,” pungkas Schoenberger.