Ketua SEC Gary Gensler Komentari Anniversary Whitepaper Bitcoin ke-14, Begini Katanya!
Whitepaper Bitcoin buatan Satoshi Nakamoto masuki usia ke-14. (Foto; Dok. Bitcoin)

Bagikan:

JAKARTA – Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) Gary Gensler belum lama ini menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada whitepaper atau buku putih Bitcoin yang ditulis oleh Satoshi Nakamoto, pencipta BTC. Ucapan tersebut disampaikan Gensler pada 31 Oktober kemarin.

Sebagaimana diketahui, Satoshi Nakamoto memperkenalkan Bitcoin ke dunia sekitar 14 tahun yang lalu pada hari ini dengan publikasi whitepaper Bitcoin. Banyak orang men-tweet ucapan selamat ulang tahun kepada whitepaper Bitcoin tersebut, termasuk ketua Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), Gary Gensler. Dia menulis pada 31 Oktober.

“Selamat ulang tahun ke-14 untuk whitepaper Satoshi Nakamoto! Ini telah mengarah pada inovasi dan investasi aset kripto. Mari kita pastikan saat kripto memasuki tahun ke-15 bahwa investor mendapatkan perlindungan yang tepat,” kata ketua SEC Gary Gensler dalam sebuah postingan Twitter.

Sementara beberapa orang berterima kasih kepadanya karena mengakui karya seminal Satoshi Nakamoto, banyak yang mengklaim bahwa bos SEC tidak memiliki kepentingan terbaik crypto dalam pikirannya, dengan beberapa menuduhnya melakukan trolling.

Beberapa mendesak Gensler untuk mengklarifikasi regulasi kripto. Beberapa mengecamnya karena tidak menyetujui exchange-traded fund bitcoin (ETF) sementara yang lain mengingatkannya bahwa dia tidak memiliki yurisdiksi atas industri kripto karena Kongres belum memberinya wewenang.

Di sisi lain, regulator AS itu juga tengah menggugat Ripple di pengadilan. Beberapa waktu lalu SEC menyerahkan dokumen pidato William Hinman pada 2018 terkait pernyataan kontroversialnya. Oleh karena itu, pendukung XRP dan seorang pengacara John Deaton turut mengomentari tweet Gensler tersebut.

“Berhentilah bertingkah seperti Anda tidak akan memberikan panggilan pengadilan kepada Satoshi jika Anda bisa,” komentar Deaton.

Gensler telah dikritik oleh anggota parlemen dan pelaku industri karena pendekatan penegakan hukumnya yang berpusat pada regulasi sektor kripto. Bulan lalu, dia mengatakan telah meminta staf SEC untuk menyempurnakan aturan kripto. Dia ingin mengatur sektor tersebut menggunakan "satu buku aturan," sebagaimana dilansir Bitcoin.com News.

Sebelumnya, ketua SEC itu sempat menyatakan hampir 90 persen mata uang kripto adalah sekuritas. Dalam sejumlah kesempatan regulator juga menyatakan bahwa Bitcoin adalah komoditas.