Peter Schiff Prediksi Regulasi Kripto Akan Hancurkan Bitcoin
Ekonom dan pendukung emas Peter Shiff. (Foto; Dok. CoinKolik)

Bagikan:

JAKARTA - Peter Schiff, seorang ekonom dan pendukung emas yang skeptis terhadap bitcoin, mengeluarkan prediksi negatif tentang masa depan kripto. Menurutnya, Securities and Exchange Commission (SEC) AS akan segera mengeluarkan regulasi kripto yang ketat dan memberatkan, yang akan membuat biaya transaksi bitcoin melonjak dan harga bitcoin anjlok.

Dalam unggahannya di platform media sosial X pada Selasa, 18 Januari 2024, Schiff mengatakan bahwa ketua SEC Gary Gensler sedang mendapat tekanan untuk menyetujui spot bitcoin exchange-traded funds (ETF), yaitu produk investasi yang mengikuti harga bitcoin di pasar spot. Schiff mengklaim bahwa Gensler akan memanfaatkan kesempatan ini untuk memperkenalkan regulasi kripto baru yang akan membatasi dan mengawasi aktivitas kripto.

"Sejak Gary Gensler mendapat tekanan untuk menyetujui spot bitcoin ETF, saya pikir dia akan segera memperkenalkan regulasi kripto baru yang memberatkan, yang akan secara substansial meningkatkan biaya transaksi bitcoin, lebih lanjut melemahkan 'kasus penggunaannya,' yang akan mengakibatkan penurunan tajam dalam harga," tulis Schiff.

Schiff menambahkan bahwa regulasi baru tersebut akan terkait dengan Anti Money Laundering (AML), yaitu upaya untuk mencegah dan memberantas praktik pencucian uang dan pendanaan terorisme. Schiff mengira bahwa regulasi AML akan membuat transaksi kripto menjadi lebih sulit, mahal, dan tidak anonim.

Unggahan Schiff mendapat berbagai tanggapan dari pengguna X. Beberapa setuju dengan pendapatnya, tetapi banyak juga yang menentang dan mengkritiknya. Salah satu pengguna menulis, "Saya tidak akan menyebut Gensler yang diharuskan untuk tetap tunduk pada hukum sebagai 'ditekan ke sudut.'" Pengguna lain mempertanyakan bagaimana mungkin Gensler dapat meningkatkan biaya transaksi bitcoin. "Gary Gensler mengendalikan mempool bitcoin?" tulisnya. Mempool adalah tempat penyimpanan sementara transaksi bitcoin yang menunggu untuk diproses.

Beberapa pengguna juga menyoroti pernyataan Gensler sebelumnya tentang bitcoin sebagai komoditas, bukan sekuritas. Komoditas adalah barang yang dapat diperdagangkan di pasar, sedangkan sekuritas adalah surat berharga yang mewakili hak klaim atas aset atau pendapatan. Salah satu pengguna menyebutkan:

"Gary Gensler telah berkali-kali menyatakan bahwa bitcoin adalah komoditas. Bagiannya di SEC untuk mengatur, bahkan jalur masuk dan keluar (kecuali jalur masuk dan keluar itu berurusan dengan sekuritas yang tidak terdaftar)."

"Pihak SEC menegakkan hukum sekuritas dan melindungi investor dalam sekuritas," tambah pengguna yang sama, dengan menunjukkan bahwa regulasi AML lebih luas diatur oleh lembaga lain, seperti Financial Crimes Enforcement Network (FinCEN), sebuah badan yang bertugas untuk menganalisis informasi keuangan dan melaporkan aktivitas mencurigakan.