Kekurangan Tim Akibatkan NASA Tunda Misi Penting ke Asteroid Psyche dan Venus
Pesawat Ruang Angkasa Psyche (foto: dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah menunda misinya ke asteroid penuh logam Psyche, kini NASA juga akan menunda misi mengunjungi Venus yakni Venus Emissivity, Radio Science, InSAR, Topography, dan Spectroscopy (VERITAS).

Misi Psyche yang tadinya akan meluncur pada Agustus 2022 ditunda menjadi Oktober 2023, karena NASA belum menguji semua peralatan dan perangkat lunak pesawat ruang angkasa yang diberi nama sama dengan asteroid itu.

Dan untuk memastikan harus ada misi yang diluncurkan, NASA berencana menerbangkan misi VERITAS ke Venus. Namun, lagi-lagi misi itu juga gagal bahkan ditunda hingga tiga tahun.

Usai misi Psyche batal meluncur, NASA dan Laboratorium Propulsi Jet (JPL) melakukan tinjauan terhadap masalah yang mengakibatkan misi ke asteroid itu tertunda.

"Kami menyambut baik kesempatan ini untuk mendengar temuan dewan peninjau independen dan memiliki kesempatan untuk mengatasi masalah ini," ungkap administrator asosiasi Direktorat Misi Sains NASA, Thomas Zurbuchen.

“Adalah tugas kami untuk memperhatikan masalah lebih awal dan mengatasinya. Informasi seperti ini membantu kami lebih dari sekadar menyelesaikan Psyche, tetapi juga untuk misi-misi penting yang akan datang seperti Europa Clipper dan Mars Sample Return," sambungnya.

Melansir Digital Trends, Senin, 7 November, laporan itu mendapati beberapa masalah yang menyebabkan Psyche gagal meluncur, termasuk tidak cukupnya tim di proyek, masalah komunikasi dan peningkatan pekerjaan jarak jauh yang berarti komunikasi antar tim kurang lancar.

Melihat hal ini, NASA kemudian telah menambahkan lebih banyak tim yang diambil dari proyek badan antariksa lainnya. Karena hal itu, misi VERITAS ke Venus yang masih dalam tahap awal pengembangan tertunda.

Diumumkan pada Juni lalu, misi VERITAS bertujuan untuk memetakan permukaan Venus dan mempelajari lebih lanjut tentang atmosfer planet serta aktivitas vulkaniknya.

Misi tersebut cukup penting untuk memahami bagaimana Bumi dan Venus menyimpang, karena mereka pernah dianggap sangat mirip.

Misi VERITAS awalnya direncanakan untuk diluncurkan pada 2027, tetapi sekarang akan diundur hingga 2031. Misi Venus NASA lainnya yang akan datang, DAVINCI untuk menjatuhkan pesawat ruang angkasa turun melalui atmosfer Venus, masih direncanakan untuk diluncurkan pada 2029.