NASA Tunda Peluncuran Psyche Hingga 12 Oktober
Tampilan pesawat luar angkasa Psyche yang berada di Laboratorium Propulsi Jet (foto: dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dikabarkan tengah menunda misi Psyche, perjalanan menuju asteroid yang mengorbit matahari. Misi ini akan ditunda selama sepekan.

Dilansir dari Spacenews, NASA menunda misi ini untuk memperbaiki konfigurasi propeler pada roket Falcon Heavy. Dengan demikian, roket ini akan diluncurkan pada tanggal 12 Oktober.

Bukan tanpa alasan NASA menunda misi ini. Pada 28 September, NASA mengatakan bahwa pendorong gas terdeteksi beroperasi pada suhu yang lebih hangat dari perkiraan.

Maka dari itu, NASA memutuskan untuk menunda peluncuran. Waktu penundaan ini akan dipakai para insinyur untuk memverifikasi parameter pendorong gas dingin nitrogen untuk mengarahkan pesawat.

Dalam rilis resminya, NASA menyatakan bahwa batas suhu pada pendorong adalah hal yang sangat penting. Batas suhu ini membuat unit pesawat bisa sehat dalam jangka panjang.

“Sangat penting bagi kita untuk melakukan hal ini dengan benar. Pendorong ini bukanlah sistem propulsi utama, tetapi penting, terutama segera setelah peluncuran,” ujar Direktur Jet Propulsion Laboratory NASA, Laurie Leshin.

Meski peluncurannya terlambat dari jadwal yang sudah ditentukan, pesawat ini tetap punya peluang untuk terbang ke dalam lintasan sampai ke daerah utama asteroid Psyche.

Setelah sampai di asteroid, pesawat yang diluncurkan akan menetap selama dua tahun di orbit untuk mempelajari asteroid tersebut. Beberapa hal yang ingin dipelajari adalah struktur dan komposisi dari asteroid.