Bagikan:

JAKARTA - Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) akan kembali meluncurkan misi asteroid 16 Psyche pada Oktober 2023, setelah mengalami penundaan selama setahun lebih.

Misi ini awalnya dijadwalkan diluncurkan pada Agustus 2022 untuk menjelajahi asteroid 16 Psyche yang kaya logam.

Dua bulan sebelum lepas landas, NASA menunda peluncuran wahana antariksa karena masalah dengan perangkat lunak penerbangan dan peralatan pengujiannya.

Penundaan tersebut memicu peninjauan operasi di Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA, yang mengungkap sejumlah masalah terkait tenaga kerjanya, dengan beberapa faktor lain, seperti pandemi COVID-19, masalah komunikasi dan manajemen.

Beberapa minggu lalu, Dewan Peninjau Independen (IRB) menyelesaikan penilaian lain tentang seberapa baik JPL dan tim Psyche menanggapi rekomendasinya untuk mengembalikan semuanya ke jalurnya.

Saran itu termasuk menambahkan anggota berpengalaman ke dalam tim, mengatur ulang tenaga kerja, dan memantau kemajuan menuju peluncuran dengan metrik yang lebih komprehensif.

"IRB percaya tanggapan terhadap proyek Psyche kami dan temuan dan rekomendasi lembaga JPL sangat baik," ujar pensiunan eksekutif kedirgantaraan A. Thomas Young, yang memimpin IRB dalam konferensi pers belum lama ini, dikutip dari Space, Selasa, 13 Juni.

"Kami yakin Psyche berada di jalur yang positif untuk peluncuran Oktober 2023. Kami percaya tanggal kesiapan peluncuran 2023 dapat dipercaya, dan kemungkinan keberhasilan misi secara keseluruhan tinggi," tambahnya.

Pesawat ruang angkasa akan mencapai asteroid Psyche pada Agustus 2029, mengorbitnya selama 26 bulan untuk mendapatkan wawasan tentang pembentukan planet, lebih memahami interior planet terestrial seperti Bumi, dan memeriksa asteroid yang sebagian besar terbuat dari logam.

Diketahui, asteroid Payche terletak di bagian terluar sabuk asteroid utama antara Mars dan Jupiter, mungkin merupakan sisa-sisa inti planetesimal, sebuah blok bangunan dari batuan planet.

Tidak seperti banyak benda lain di Tata Surya, asteroid Psyche berputar miring. Perencana misi perlu memperhitungkan rotasi yang tidak biasa ini saat mereka memetakan orbit pengamatan pesawat ruang angkasa di sekitar asteroid.

Tantangan lain, pesawat ruang angkasa akan mencapai Psyche di titik yang berbeda di orbit asteroid mengelilingi Matahari daripada di rencana misi sebelumnya. Misi Psyche akan diluncurkan dengan roket SpaceX Falcon Heavy dari Kompleks Peluncuran Kennedy 39A.

Selain itu, pelajaran dari misi Psyche juga berlaku untuk proyek penerbangan lainnya, termasuk Europa Clipper dan Mars Sample Return. JPL juga mengubah tinjauan status proyek bulanan untuk memastikan risiko dipahami dengan baik di semua tingkatan organisasi.

“Tujuan kami lebih dari sekadar membawa Psyche ke landasan peluncuran untuk meningkatkan JPL secara menyeluruh saat kami mengerjakan misi yang akan membantu kami lebih memahami Bumi, menjelajahi tata surya dan alam semesta, serta mencari tanda-tanda kehidupan," kata Direktur JPL Laurie Leshin.

"Tanggapan kami yang kuat terhadap temuan dewan memperkuat anggapan bahwa JPL dapat menyelesaikan masalah apa pun dengan fokus dan perhatian yang tepat," imbuhnya.