Pesawat Ruang Angkasa Psyche Bersiap Meluncur ke Asteroid Unik Penuh Logam
NASA, menargetkan peluncuran pesawat ruang angkasa ke asteroid penuh nikel. (foto: dok. nasa).

Bagikan:

JAKARTA - Asteroid yang dipenuhi logam aneh berhasil menarik perhatian NASA, dengan badan antariksa tersebut menargetkan peluncuran pesawat ruang angkasa ke asteroid itu.

Dijuluki asteroid Psyche, ia memiliki lebar 140 mil dan merupakan salah satu asteroid terbesar di antara Mars dan Jupiter. Karena unik, membuat Psyche menjadi target penelitian yang berharga dan bisa mengajari tentang bagaimana ia seperti Bumi, yang memiliki inti logam, terbentuk dan berevolusi.

Pesawat ruang angkasa yang juga disebut Psyche rencananya akan meluncur pada Agustus nanti ke asteroid yang seluruhnya terdiri dari besi dan nikel.

Dijadwalkan pada 1 Agustus mendatang, pesawat ruang angkasa Psyche akan menunggangi roket SpaceX Falcon Heavy dari Launch Complex 39A NASA di Kennedy Space Center, Florida, AS, dan mengorbit selama 21 bulan.

Melansir laman resmi NASA, Senin, 9 Mei, saat ini pesawat ruang angkasa itu sedang dipersiapkan untuk lepas landas dan perjalanan panjangnya. Belum lama, Psyche sudah dipindahkan ke fasilitas khusus di Kennedy di mana sedang diuji dan disiapkan untuk debut besarnya.

“Sejak kedatangannya pada 29 April, pesawat ruang angkasa Psyche telah pindah ke Fasilitas Layanan Berbahaya Payload di NASA's Kennedy Space Center di Florida, di mana teknisi mengeluarkannya dari wadah pengiriman pelindungnya, memutarnya ke vertikal, dan telah memulai langkah terakhir untuk mempersiapkan  pesawat ruang angkasa untuk diluncurkan,” ungkap NASA.

“Dalam beberapa bulan mendatang, kru akan melakukan berbagai pekerjaan termasuk menginstal ulang susunan surya, mengintegrasikan kembali radio, menguji sistem telekomunikasi, memuat propelan, dan membungkus pesawat ruang angkasa di dalam fairing muatan sebelum meninggalkan fasilitas dan pindah ke landasan peluncuran," imbuhnya.

Susunan surya besar pesawat ruang angkasa itu dikerahkan sepenuhnya dalam tes pada Maret lalu, dan diperlukan untuk menyediakan daya bagi pesawat saat melakukan perjalanan 1,5 miliar mil (2,4 miliar kilometer).

Psyche akan melakukan perjalanan selama 3,5 tahun, mendapatkan dorongan gravitasi untuk melintasi Mars pada 2023, dan kedatangannya di asteroid Psyche dijadwalkan pada 2026.