NASA Tangkap Gambar Matahari Tersenyum, Apa Artinya?
Satelit NASA, Solar Dynamics Observatory secara mengejutkan menangkap gambar Matahari yang terlihat seperti pola wajah yang bahagia. (foto: dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu satelit NASA, Solar Dynamics Observatory secara mengejutkan menangkap gambar Matahari yang terlihat seperti pola wajah yang bahagia, sehingga badan tersebut menyebutnya terlihat seperti tersenyum.

"Hari ini, Solar Dynamics Observatory NASA menangkap Matahari tersenyum. Terlihat dalam sinar ultraviolet, tambalan gelap di Matahari ini dikenal sebagai lubang koronal dan merupakan daerah di mana angin matahari yang cepat menyembur ke luar angkasa," ungkap NASA dalam akun Twitter-nya.

Solar Dynamics Observatory NASA adalah misi agensi yang bertujuan untuk menyelidiki bagaimana aktivitas Matahari dan cuaca luar angkasa.

Pertama kali diluncurkan pada 11 Februari 2010, satelit itu mengukur medan magnet dan atmosfer matahari secara langsung. Lebih jauh, dia juga mengukur radiasi ultraviolet ekstrim Matahari yang merupakan pendorong utama struktur dan komposisi atmosfer atas Bumi.

BACA JUGA:


- https://voi.id/teknologi/223106/ini-televisi-terkecil-di-dunia-tinytv-dengan-layar-15-milimeter-dijual-rp775-ribu

- https://voi.id/teknologi/223104/do-kwon-hadapi-gugatan-dari-395-orang-yang-merasa-dirugikan-di-pengadilan-singapura

- https://voi.id/teknologi/223103/daripada-buat-metaverse-sam-bankman-fried-beri-saran-agar-facebook-buat-medsos-web-3

- https://voi.id/teknologi/223102/ini-cara-mudah-untuk-mendapatkan-pasif-income-dari-investasi-ethereum

- https://voi.id/teknologi/223098/tesla-tarik-lagi-24-ribu-produknya-di-as-karena-kesalahan-di-sabuk-pengaman

Meskipun terlihat unik, para ahli memperingatkan bahwa lubang koronal matahari mungkin berarti ada badai matahari yang menghantam Bumi dengan memuntahkan tiga aliran angin matahari berkecepatan sekitar tiga juta mph.

Badai matahari merupakan aktivitas letusan massa dan energi dari permukaan matahari yang pada gilirannya merusak medan magnet bumi. Akibatnya, badai ini meningkatkan visibilitas aurora, di belahan bumi utara dan selatan.

Melansir Sky News, Senin, 31 Oktober, sejak dirilis, foto NASA yang langka tersebut telah memicu banyak tanggapan secara online, banyak yang mengatakan gambar itu mirip dengan ukiran labu Halloween, singa dan Matahari yang ditampilkan dalam acara anak-anak Teletubbies.