TikTok Berencana Bawa Banyak Gim ke Aplikasinya, Facebook Justru Sudah Menyerah!
TikTok tampaknya mengikuti jejak Netflix, yang mulai melirik bisnis gim. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - TikTok tampaknya mengikuti jejak Netflix, yang mulai melirik bisnis gim dan kemudian disematkan ke dalam aplikasinya. Ini merupakan usaha pertamanya ke dalam format hiburan yang berbeda sehingga dapat menarik minat pengguna lama maupun baru.

Menurut laporan baru oleh Financial Times, TikTok akan meluncurkan tab gim di aplikasinya, yang memungkinkan pengguna untuk bermain gim seluler langsung.

Namun, gim ini akan menampilkan iklan, dan pengguna akan dapat membayar untuk gim tanpa iklan. TikTok pertama kali mulai menguji tab gim di Vietnam pada Mei lalu sebagai tanda memperluas kemitraannya dengan Zynga untuk menawarkan gim berbasis HTML-5.

Laporan dari empat orang perusahaan yang mengetahui hal ini menyebutkan, jika TikTok ingin meluncurkan tab gim ini di Eropa, sebaiknya ia harus menguji terlebih dahulu gim tersebut.

Bulan lalu TikTok juga telah menunjuk kepala gim global, dan laporan ini diperkuat ketika mantan arsitek sistem Intel Assaf Sagy menambahkan petunjuk menyoal gim TikTok di profil LinkedIn-nya.

"TikTok dan gim dibuat untuk satu sama lain. TikTok telah jauh menunjukkan nilainya dalam membantu konsumen menemukan apa yang menyenangkan, berharga, dan populer. Saya berharap dapat bekerja sama dengan semua perusahaan gim secara global untuk membantu menjadikan TikTok sebagai fondasi utama dalam strategi pemasaran Anda," kata Saqy.

Belum jelas, apakah Saqy yang ditunjuk TikTok sebagai kepala gim global. Diklaim, platform video pendek itu akan secara resmi mengumumkan bisnis barunya itu di acara khusus pada 2 November, yang dijuluki TikTok Made Me Play It.

Mengutip 9to5Mac, Sabtu, 29 Oktober, langkah ini datang pada saat yang menarik di mana Netflix juga baru saja memasuki pasar gim, sementara Snapchat dan Facebook tampaknya akan berhenti di bisnis gimnya.