Donald Trump dan Dmitry Medvedev Senang Kini Twitter Dikendalikan Elon Musk
Elon Musk, diharapkan membuat perubahan besar bagi Twitter. (foto: tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA - Hanya beberapa jam setelah Elon Musk memulai era baru di Twitter Inc sebagai pemilik, miliarder itu langsung dibanjiri permohonan dan tuntutan dari pemegang akun terlarang dan para pemimpin dunia.

Membanjirnya permintaan menggarisbawahi tantangan yang dihadapi CEO Tesla Inc untuk, menyeimbangkan janji dalam memulihkan kebebasan berbicara sambil mencegah platform turun ke "neraka," seperti yang dia janjikan dalam sebuah surat terbuka kepada pengiklan pada hari Kamis, 27 Oktober.

Mantan Presiden AS Donald Trump, yang secara permanen dilarang dari Twitter atas tuduhan menghasut kekerasan setelah kerusuhan ibukota 6 Januari 2021, menyambut baik pengambilalihan tersebut. Namun ia hanya mengatakan sedikit tentang kembalinya ke Twitter.

"Saya sangat senang bahwa Twitter sekarang berada di tangan yang waras, dan tidak akan lagi dijalankan oleh Radikal Kiri Orang Gila dan Maniak yang benar-benar membenci negara kita," ungkap Trump yang dikutip Reuters.

Dmitry Medvedev, mantan presiden Rusia dan wakil ketua Dewan Keamanan Rusia saat ini, men-tweet ucapan selamatnya: "Semoga sukses @elonmusk dalam mengatasi bias politik dan kediktatoran ideologis di Twitter. Dan keluar dari Starlink dalam bisnis Ukraina."

Yang lain meminta Musk untuk membatalkan hukuman yang dijatuhkan oleh platform media sosial. Menanggapi @catturd2, akun anonim dengan 852.000 pengikut, yang dikenal sebagai pendukung besar klaim penipuan pemilihan Trump, dan yang mengatakan itu "dilarang bayangan," Musk mentweet "Saya akan menggali lebih banyak hari ini."

Pemimpin redaksi RT, radio siaran yang dikendalikan negara Rusia, Margarita Simonyan, meminta Musk untuk "membatalkan pemblokiran akun RT dan Sputnik dan menghapus larangan bayangan milik saya juga?"

Tekanan meningkat pada Musk dan Twitter karena ia akan berbicara kepada staf Twitter pada hari Jumat setelah menutup kesepakatan.

"Hei @ElonMusk, sekarang Anda memiliki Twitter, maukah Anda membantu melawan RUU sensor online C-11 dari Trudeau?" tweeted Canada Proud, sebuah organisasi yang bekerja untuk memilih Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau.

"Pertama yang saya dengar," jawab Musk dalam tweet pada hari Jumat.

Beberapa karyawan yang berbicara dengan Reuters pada Jumat lalu mengatakan tidak ada komunikasi dari manajemen tentang apa yang terjadi selanjutnya.

Musk diharapkan untuk berbicara kepada karyawan pada Jumat 28 Oktober, tetapi karyawan tersebut mengatakan bahwa mereka belum menerima pemberitahuan apa pun hingga sore hari.

Dua sumber yang mengetahui masalah ini mengatakan tim Musk sedang menyelidiki kode Twitter dan mengajukan pertanyaan tentang bagaimana aspek platform ini bekerja. Musk juga telah bergabung dengan saluran Slack perusahaan pada Jumat lalu.

Dewan Moderasi Twitter 

Musk juga mentweet pada Jumat lalu bahwa Twitter akan membentuk "dewan moderasi konten dengan sudut pandang yang sangat beragam," dan bahwa tidak ada keputusan besar tentang moderasi atau pemulihan akun yang akan dibuat sebelum diadakan.

Meskipun ada seruan kepada pengiklan pada Kamis lalu bahwa ia berharap untuk menjadikan Twitter "platform periklanan yang paling dihormati di dunia," setidaknya satu pembuat mobil besar - GM - mengatakan untuk sementara menghentikan iklannya dan bekerja untuk "memahami arah platform di bawah kepemilikan baru mereka."

Karyawan juga terus khawatir tentang masa depan pekerjaan mereka. Kurang dari 10% dari 266 karyawan Twitter yang berpartisipasi dalam jajak pendapat di aplikasi pesan Blind diharapkan masih memiliki pekerjaan mereka dalam tiga bulan. Blind memungkinkan karyawan untuk menyampaikan keluhan secara anonim setelah mereka mendaftar dengan email perusahaan.

Musk sendiri sudah memecat Chief Executive Twitter, Parag Agrawal, Chief Financial Officer Ned Segal dan kepala urusan hukum dan kebijakan Vijaya Gadde. Dia menuduh mereka menyesatkan dia dan investor Twitter atas jumlah akun palsu di platform.

Agrawal dan Segal berada di markas Twitter San Francisco ketika kesepakatan ditutup dan dikawal keluar dari markas Twitter setelah mereka dipecat.

Musk, yang juga menjalankan perusahaan roket SpaceX, berencana untuk menjadi CEO sementara Twitter. Musk juga berencana untuk menghapus larangan permanen pada pengguna. Twitter, Musk dan para eksekutif tidak segera menanggapi permintaan komentar dari media tentang hal itu.

Sebelum menutup kesepakatan, Musk masuk ke markas Twitter pada Rabu dengan senyum lebar dan wastafel porselen, kemudian men-tweet "biarkan itu meresap." Dia mengubah deskripsi profil Twitter-nya menjadi "Chief Twit."

Regulator Eropa juga mengulangi peringatan sebelumnya bahwa, di bawah kepemimpinan Musk, Twitter masih harus mematuhi Undang-Undang Layanan Digital di kawasan itu, yang mengenakan denda besar pada perusahaan jika mereka tidak mengontrol konten ilegal.

"Di Eropa, burung itu akan terbang dengan aturan UE kami," cuit kepala industri UE Thierry Breton pada Jumat pagi.

Anggota   Parlemen Eropa dan pendukung hak-hak sipil Patrick Breyer menyarankan orang mencari alternatif di mana privasi adalah prioritas.

"Twitter sudah mengetahui kepribadian kita dengan sangat baik karena pengawasannya yang luas terhadap setiap klik kita. Sekarang pengetahuan ini akan jatuh ke tangan Musk."

Musk telah mengindikasikan bahwa dia melihat Twitter sebagai fondasi untuk menciptakan "aplikasi super" yang menawarkan segalanya mulai dari transfer uang hingga belanja dan transportasi online.

Tetapi Twitter sedang berjuang untuk melibatkan pengguna paling aktif yang sangat penting bagi bisnis. Akun "tweeter berat" ini kurang dari 10% dari keseluruhan pengguna bulanan tetapi menghasilkan 90% dari semua tweet dan setengah dari pendapatan global.

Musk akan menghadapi tantangan membangun pendapatan "mengingat bahwa pendapat kontroversial yang tampaknya ingin dia berikan lebih banyak kebebasan seringkali tidak menyenangkan bagi pengiklan," kata analis Hargreaves Lansdown Susannah Streeter.

Ketika berita tentang kesepakatan itu menyebar, beberapa pengguna Twitter dengan cepat menandai kesediaan mereka untuk pergi.

"Saya akan dengan senang hati pergi jika Musk, yah, bertindak seperti yang kita semua harapkan," kata seorang pengguna dengan akun @mustlovedogsxo.

Terkait