Perpanjang Kerja Sama, Infineon Technologies dan VinFast Buat Pusat Kompetensi Aplikasi EV
Perpanjangan kerja sama VinFast dan Infineon Technologies (foto: VinFast Twitter)

Bagikan:

JAKARTA - VinFast, produsen mobil listrik pintar global pertama Vietnam dan Infineon Technologies AG, pemimpin dunia dalam solusi semikonduktor otomotif, mengumumkan untuk memperpanjang kemitraannya beberapa hari lalu di Singapura. 

Dengan perpanjangan tersebut, kedua perusahaan akan mendirikan pusat kompetensi aplikasi bersama yang berfokus pada elektro mobilitas untuk mempercepat pengembangan solusi VinFast untuk masa depan mobilitas pintar. 

Peresmian pusat tersebut direncanakan pada kuartal pertama tahun 2023. Penciptaan VinFast–Infineon Competence Center (VICC) ini menandakan tingkat baru dalam hubungan antara kedua perusahaan dalam fase pengembangan awal solusi mobilitas pintar generasi mendatang VinFast. 

Sebagai strategi VinFast untuk memastikan keunggulan produknya di pasar EV global, VICC awalnya akan fokus pada pengembangan Electric Drive Train (EDT) baru untuk platform elektrifikasi VinFast. 

“Tujuan VinFast adalah untuk menciptakan solusi mobilitas cerdas untuk masa depan yang berkelanjutan,” kata Mdm. Le Thi Thu Thuy, Wakil Ketua Vingroup dan CEO Global VinFast dalam pengumuman yang dibagikan di Twitter. 

Thuy menambahkan, produk dan solusi canggih Infineon akan membantu meningkatkan efisiensi produksi VinFast dan mendukung perusahaan mencapai tujuannya dengan lebih cepat.

Pengumuman tersebut juga menyebutkan bahwa dengan portofolio produk dan teknologi yang luas, Infineon akan memberikan dukungan teknis dan panduan dalam pemilihan semikonduktor termasuk teknologi konvensional dan yang didasarkan pada bahan semikonduktor WBG (Wide Bandgap), termasuk silikon karbida (SiC). 

Pusat kompetensi nantinya juga akan memiliki laboratorium dengan peralatan pengujian dan pengukuran untuk memberikan validasi produk yang cepat. 

“Pertumbuhan elektro mobilitas tidak terbantahkan. Infineon berkomitmen untuk mendorong kemajuan ini bersama dengan mitra seperti VinFast yang menunjukkan kecepatan eksekusi tinggi dan tekad yang kuat,” ujar Peter Schaefer, Wakil Presiden Eksekutif dan CMO divisi Otomotif di Infineon. 

"Kami akan membantu perjalanan elektrifikasi VinFast dan mendukung kemajuan desain platform listrik mereka.” tambahnya. 

Infineon adalah inti dari transformasi industri otomotif menuju mobilitas yang berkelanjutan. Kedua perusahaan telah bekerja sama selama lebih dari tiga tahun sebelum perjanjian yang baru diperpanjang ini