Spesifikasi Steyr Aug, Senjata Brigadir J yang Jadi Pembicaraan Saat Sidang Dakwaan Ferdy Sambo
Ilustrasi senapan Steyr Aug (foto: Wikipedia)

Bagikan:

JAKARTA - Jaksa membacakan surat dakwaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Senin, 17 Oktober. Dakwaan tersebut menyebutkan bahwa Mantan Kepala Divisi Propam Polri Ferdy Sambo didakwa pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Jaksa mengungkapkan, sebelum melancarkan aksinya, Ferdy Sambo memastikan bahwa Yosua harus dalam keadaaan tidak bersenjata. Maka dari itu, Sambo menanyakan keberadaan senjata Brigadir J, yaitu senjata api HS dan senjata laras panjang jenis Steyr Aug.

Sejarah Steyr Aug

Melansir dari berbagai sumber, senjata laras panjang jenis Steyr Aug yang diamankan milik Brigadir J itu merupakan senapan serbu yang dikembangkan pada tahun 1977 oleh perusahaan  Austria Steyr Mannlicher.

AUG sendiri merupakan singkatan dari Armee Universal Gewehr alias "Senapan Tentara Universal, yang berarti “Senapan Tentara Universal”.

Pengembangan Steyr Aug  pertama kali dilakukan karena adanya keinginan Angkatan Darat Austria yang menginginkan senapan standar baru untuk melengkapi peluru 5,56 mm NATO yang lebih kecil pada tahun 1970.

Mereka juga menginginkan senjata serbaguna yang dapat memenuhi berbagai peran termasuk senapan serbu, senjata pendukung pasukan, dan senapan mesin ringan. Karena alasan tersebut, Austria Steyr Mannlicher menciptakan Steyr Aug  dan mulai diperkenalkan secara resmi pada 1977 di Austria.

Steyr Aug merupakan varian senapan serbu bullpup kaliber 5.56 mm NATO, dengan warna hijau dan teleskop yang terintegrasi. Setelah dinyatakan layak diproduksi, senapan ini kemudian diadopsi menjadi senjata utama untuk Angkatan Bersenjata Austria, Australia, Selandia Baru, Luxemburg, Irlandia, dan sempat dipakai oleh Malaysia.

Tentang Steyr Aug

Dengan menggunakan bahan dari polymer sebanyak 70 persen, Steyr Aug menjadi senjata yang lebih ringan dari senjata lainnya. Selain itu, Steyr Aug dapat menggunakan peluru parabellum 5.56 x 45mm dan 9mm untuk peran senapan mesin ringan. 

Seri standar Steyr Aug memiliki panjang laras 508 mm, sedangkan panjang keseluruhan dari Steyr Aug adalah 805 mm. Hal tersebut dikarenakan system bullpup yang digunakan Steyr Aug.

System bullpup merupakan teknologi yang memungkinkan total panjang senjata 25 persen lebih pendek dari senapan standar, tetapi memiliki panjang laras yang sama dengan senapan pada umumnya.

Steyr Aug memiliki berat kosong 3,6 kg dengan rata-rata tembakannya adalah 650 butir per menit dengan kecepatan peluru 992 m/menit, dengan jarak efektif 500 meter. Pada bagian magazennya berisi 30 atau 42 butir peluru.

Steyr dioperasikan dengan sistem gas operated, yang artinya gas yang tersisa dari ledakan amunisi pertama akan dipergunakan kembali untuk mendorong naik peluru berikutnya ke ruang ledak, sekaligus mendorong pelatuk hingga siap mematuk kembali.