Netflix Resmi Hadirkan Paket Berlangganan Murah dengan Iklan Bulan Depan
Netflix hadirkan pengalaman berlangganan. (foto; dok. netflix)

Bagikan:

JAKARTA - Netflix mulai meluncurkan paket berlangganan dengan biaya yang lebih murah dilengkapi iklan. Dijuluki Basic with Ads, paket ini hadir untuk menumbuhkan pelanggan baru platform streaming tersebut.

Paket Basic with Ads baru ini akan dibanderol 6,99 dolar AS atau setara Rp107 ribuan per bulan mulai 3 November mendatang di Amerika Serikat (AS) lebih dahulu. Dengan memilih paket itu, pengguna akan melihat sekitar empat hingga lima menit iklan per jam, tetapi kualitas video hanya dibatasi hingga 720p.

Menurut keterangan Netflix, paket murah ini juga akan tersedia di 11 negara lain pada November, meliputi Australia, Brasil, Inggris, Canada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Korea Selatan, Meksiko, dan Spanyol. Belum diketahui apakah Indonesia juga menjadi sasarannya.

Iklan mulai dari 15 hingga 30 detik, akan diputar sebelum dan selama acara televisi dan film versi lama. Untuk film yang baru tayang, iklan hanya akan diputar sebelum film dimulai.

Namun, karena ini adalah paket berlangganan yang murah, Netflix juga membatasi beberapa hal, di mana pengguna tidak akan dapat mengunduh konten untuk dilihat secara offline.

Netflix juga membatasi akses menonton film dan acara TV antara 5 dan 10 persen dari layanan tersebut saat paket Basic with Ads dimulai karena pembatasan lisensi.

“Kami percaya bahwa dengan peluncuran ini kami akan dapat memberikan rencana dan harga untuk setiap penggemar Netflix,” ujar kepala operasi Netflix, Greg Peters.

Melansir New York Times, Jumat, 14 April, iklan tersebut dikelola oleh Microsoft dan Netflix bekerja sama dengan dua perusahaan verifikasi untuk memastikan bahwa iklan di platformnya dilihat sebagaimana mestinya.

Perusahaan juga mengatakan Nielsen akan dapat menganalisis jangkauan pemirsa dan demografi pemirsa tertentu di AS. Kemitraan tersebut akan dimulai pada 2023.

Untuk menargetkan iklan ke audiens yang tepat, Netflix akan mengumpulkan informasi tentang jenis kelamin dan tanggal lahir dari pengguna yang memilih paket Basic with Ads.

Terakhir, Basic with Ads ini diharapkan Netflix bisa mendatangkan pelanggan baru dan bagi mereka yang telah berbagi kata sandi dengan teman dan keluarga dapat berhenti menggunakan akun orang lain dan membayar sendiri.

“Saya pikir ini adalah pendekatan yang sangat relevan dan saling melengkapi karena jelas apa pun yang kami lakukan dengan berbagi kata sandi, membuat orang dapat mendapatkan penawaran dengan harga lebih rendah adalah cara yang bagus untuk memberi mereka kesempatan menemukan Netflix dan membayarnya sesuai dengan itu,” tutur Peters.