Kalah Lelang Frekuensi 2,1 GHz dari Telkomsel, XL Axiata Lapang Dada!
Operator telekomunikasi XL Axiata berlapang dada menerima kekalahan dari Telkomsel.(foto: Layar YouTube XL Axiata / Citra)

Bagikan:

JAKARTA - Operator telekomunikasi XL kAxiata berlapang dada menerima kekalahan dari lelang frekuensi 2,1 GHz dengan melawan Telkomsel.

"Kami tidak berhasil memenangkan lelang frekuensi 2,1 GHz di kesempatan kali ini. Hal ini tentu akan menjadi evaluasi kami untuk kesempatan lelang-lelang berikutnya," ujar Group Head Corporate Communication XL Axiata, Retno Wulan kepada VOI, Kamis, 6 Oktober.

Meski begitu, Wulan menyatakan akan tetap berupaya untuk bisa mendapatkan tambahan spektrum di kesempatan lelang berikutnya, demi mendukung implementasi 5G di Tanah Air.

"Ke depan kami tetap akan berupaya untuk bisa mendapatkan tambahan spektrum frekuensi untuk dapat mendukung implementasi 5G dan digitalisasi di Indonesia," kata Wulan.

Diwartakan sebelumnya, hasil lelang itu diumumkan langsung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dengan menyatakan Telkomsel berhasil mendapatkan frekuensi 2,1 GHz.

Telkomsel sendiri menggeser posisi XL Axiata dalam penawaran harga yang dilaksanakan pada 03 hingga 05 Oktober 2022.

Mengutip keterangan resmi Kemenkominfo, Telkomsel mencaplok rentang pita frekuensi 2,1 GHz, dengan penawaran harga Rp605.056.000.000, sementara XL Axiata mengajukan Rp540.000.000.000.

"Sesuai ketentuan dalam dokumen seleksi, bahwa Objek Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2,1 GHz untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler Tahun 2022," ujar Kemenkominfo.

"(Itu) terdiri atas 1 (satu) blok pita frekuensi radio 5 MHz FDD (2 x 5 MHz) pada rentang 1975-1980 MHz berpasangan dengan 2165-2170 MHz dengan cakupan wilayah layanan nasional," sambungnya.