Peneliti Temukan Virus Baru pada Kelelawar Rusia yang Mirip COVID-19
Kelelawar yang sebarkan virus mirip COVID-19 ditemukan di di Rusia. (foto: Ilustrasi Kelelawar James Wainscoat / Unsplash)

JAKARTA - Virus mirip SARS-CoV-2 baru yang ditemukan pada kelelawar Rusia membuat para ilmuwan menyerukan upaya mendesak dalam pengembangan vaksin umum.

Jika tidak, mereka memperingatkan, pandemi lain mungkin akan kembali dipicu oleh virus hewan mematikan yang menyebar ke manusia.

Virus baru tersebut dikenal sebagai Khosta-2, diselimuti lonjakan protein yang dapat menginfeksi sel manusia menggunakan jalan masuk yang sama.

Para peneliti dari Washington State University di AS mengatakan, yang lebih mengkhawatirkan adalah resistensinya yang nyata terhadap antibodi monoklonal dan serum yang diinduksi pada penerima vaksin COVID-19.

Dengan kata lain, virus baru ini tidak dapat dinetralisir oleh obat-obatan saat ini. Bahkan antibodi yang dikembangkan dari varian Omicron tidak efektif melawan virus kelelawar, meskipun faktanya kedua patogen termasuk dalam kelompok yang sama dari virus corona pernapasan akut, dikenal sebagai sarbecovirus.

“Kritis, temuan kami menyoroti kebutuhan mendesak untuk melanjutkan pengembangan vaksin sarbecovirus baru yang melindungi lebih luas,” ungkap para peneliti yang penelitiannya dipublikasikan dalam jurnal ilmiah PLOS Pathogens.

Meski begitu, ketika para peneliti di Rusia pertama kali menemukan Khosta-2 bersama dengan virus kelelawar lainnya, Khosta-1 pada 2020, tidak ada patogen yang terlihat sangat berbahaya.

Melansir Mirror, Rabu, 28 September, ada banyak sarbecovirus yang beredar pada populasi hewan di seluruh dunia. Banyak dari mereka tidak dapat menginfeksi manusia, tetapi penemuan seperti Khosta-2 dapat menjadi peringatan.

Meskipun diperkirakan kekurangan beberapa bahan genetik yang diperlukan untuk benar-benar membuat manusia sakit, para peneliti khawatir tentang potensinya untuk bercampur dengan virus lain yang dapat membuatnya lebih berbahaya.

Sebagai informasi, Khosta-2 ditemukan di Taman Nasional Sochi Rusia di antara kelelawar tapal kuda yang lebih kecil (Rhinolophus hipposideros), merupakan spesies yang juga ditemukan di Eropa dan Afrika Utara.

Belum jelas apakah virus yang menginfeksi kelelawar ini dapat menyebar ke manusia di dunia nyata, tetapi temuan awal di laboratorium menunjukkan hal itu mungkin.