Cardano Bakal Luncurkan Hard Fork Vasil pada 22 September, Hoskinson: Roket Sudah Mengudara!
Cardano luncurkan peningkatan hard fork Vasil pada 22 September mendatang. (Foto; Dok. Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Cardano (ADA), mata uang kripto terbesar nomor delapan berdasarkan kapitalisasi pasarnya, dijadwalkan segera mendapat peningkatan hard fork Vasil pada 22 September mendatang. Vasil merupakan peningkatan yang sudah dinanti-nantikan komunitas Cardano.

Tim pengembang Cardano, Input Output Global (IOG), menyatakan bahwa hard fork Vasil akan diluncurkan di mainnet sesuai tanggal yang telah ditetapkan sebelumnya, yakni pada 22 September.

Pendiri Cardano, Charles Hoskinson menyatakan bahwa “roket Vasil sedang mengudara” pasca Hard Fork Combinator (HFC) berhasil diajukan dan diterima selama akhir pekan kemarin.

“Roket sudah mengudara. Permintaan HFC diajukan dan diterima. Peningkatan Vasil sedang berlangsung. Sampai jumpa pada 22 September 2022,” kata Hoskinson dalam postingan Twitter-nya.

Apa itu Cardano Hard Fork Vasil?

Cardano Vasil hard fork adalah peningkatan besar pada jaringan Cardano yang bakal memberikan dampak positif bagi stabilitas dan konektivitas dalam jaringan. Upgrade ini bakal mencakup Cardano Improvement Proposal (CIP) yang meliputi CIP31, CIP32, CIP33, dan CIP34.

Mengomentari peningkatan Vasil ini, pendiri Cardano Charles Hoskinson menyambut positif upgrade yang akan diterapkan dalam beberapa waktu mendatang. Dengan adanya hard fork Vasil ini diharapkan bakal memberi peningkatan performa untuk Cardano dan platform smart contract Plutus.

Tim Pengembang Cardano Umumkan Hard Fork Vasil

Melansir CryptoBasic, dalam perkembangan serupa, Input Output Global (IOG), tim yang bertanggung jawab atas pengembangan dan penelitian Cardano, juga menguatkan pernyataan Hoskinson.

Pihak IOG mencatat bahwa mereka berkolaborasi dengan Cardano Foundation untuk mengajukan proposal terbaru untuk Vasil di mainnet, mempersiapkan Vasil untuk penyebaran mainnet pada 22 September 2022.

“Update Vasil: Akhir pekan ini, tim gabungan @CardanoStiftung & IOG berhasil mengajukan proposal pembaruan ke rantai, mengatur peningkatan Vasil untuk 22 September,” tulis keterangan dari IOG.

Input Output Global meluangkan waktu untuk mengapresiasi tim dukungan teknis, termasuk Stake Pool Operator (SPO), atas dukungan mereka terhadap pengembangan Vasil dalam beberapa bulan terakhir. Upgrade Vasil yang telah lama ditunggu-tunggu dianggap sebagai hard fork Cardano yang paling signifikan sejak dimulainya jaringan.

Perkembangan Hard Fork Vasil

Vasil awalnya dijadwalkan untuk diluncurkan pada akhir Juni. Namun, tim di balik pengembangan menunda peluncuran Vasil ke tanggal yang lebih baru karena beberapa bug yang ditemukan di sebuah node.

Sejak saat itu, tim telah bekerja tanpa henti untuk memperbaiki masalah tersebut dan membuat Vasil dikirimkan dengan sungguh-sungguh. Awal bulan ini, Hoskinson mengungkapkan bahwa Vasil akan dikerahkan pada 22 September 2022.

Peningkatan ini akan meluncurkan fitur-fitur penting, termasuk fungsionalitas smart contract yang ditingkatkan, waktu transaksi yang lebih cepat, dan biaya transaksi yang lebih murah.

Tidak berhenti sampai di situ, IOG juga berencana merilis berbagai fitur anyar di Cardano beberapa hari setelah peningkatan Vasil, yakni pada 27 September mendatang.