ADA dan XRP Dikritik Cuma Umbar Janji, Ini Jawaban Cerdas Pendiri Cardano Charles Hoskinson
Kripto XRP dan ADA. (Foto; Dok. Elevenews)

Bagikan:

JAKARTA – Pendiri kripto Cardano (ADA) menjawab kritikan yang dilontarkan oleh seorang trader yang menggunakan nama samaran Pentoshi melalui akun Twitter-nya @Pentosh1. Pentoshi menuding dua kripto yang berada di 10 besar berdasarkan kapitalisasi pasar, yakni ADA dan XRP.

Menurutnya, kedua kripto itu hanya memberikan janji-janji kosong saja. Selanjutnya Pentoshi menyatakan bahwa “saran terbaik saya jika Anda memulai proyek kripto adalah jangan pernah, jangan pernah memberikan. Janji kosong adalah FA terbaik. Lihatlah $XRP dan $ADA. Lebih dari janji, kurang memberikan, dan tidak pernah memberikan. Maka orang selalu memiliki sesuatu untuk dinantikan. Memberikan (janji) menghilangkan harapan.”

Pendiri Cardano langsung merespon kritikan tersebut. Menurutnya, orang-orang yang menulis kicauan tersebut seperti tidak melihat sesuatu yang besar telah dilakukan oleh pengembang.

“Yang luar biasa bagi saya adalah bahwa orang-orang yang men-tweet hal ini benar-benar mempercayainya terlepas dari bukti yang diberikan. Ini pada dasarnya seperti keyakinan agama. Setiap tahun, kami telah memindahkan gunung bersama-sama, tetapi dia tidak dapat melihat semua itu. Saya ingin tahu apa penyebabnya,” balas Hoksinson.

Seorang pengguna Twitter juga membalas kritik Pentoshi, bertanya "Dengan cara apa XRP kurang terkirim? Lihatlah semua koridor ODL yang sedang disiapkan dan digunakan di dunia nyata sekarang."

Menariknya, kedua proyek tersebut baik XRP maupun ADA, telah mencapai prestasi baru tahun ini. Karena volume meningkat secara signifikan, ODL Ripple memiliki pertumbuhan lebih dari 9x YoY, dan Q2, 2022, adalah kuartal rekor untuk On-Demand Liquidity (ODL). Seiring dengan penandatanganan dan pertumbuhan kolaborasi, teknologi pengiriman uang Ripple telah memasuki wilayah baru, termasuk Lithuania.

Cardano juga melihat penyebaran kemampuan Vasil penuh pada 27 September, mengikuti peluncuran hard fork Vasil di mainnet pada 22 September. Cardano telah menandatangani kemitraan besar, seperti dengan Universitas Stanford dan Georgian Wine, Cardano juga terdaftar di aplikasi perdagangan saham dan kripto Robinhood.

Seperti yang dilanasir dari U.Today, pendiri Cardano, Charles Hoskinson, berbicara tentang pasar yang terputus dari kenyataan karena harga ADA berkinerja buruk di tahun ini. Hoskinson mengklaim bahwa Cardano "tidak pernah lebih kuat," menyatakan bahwa hari-hari terbaiknya masih di depan. Proyek mata uang kripto lainnya juga dipuji oleh pencipta Cardano, yang menambahkan bahwa banyak dari mereka "solid" meskipun harga mereka saat ini tidak mencerminkan hal itu.

Lebih lanjut, Hoskinson menekankan bahwa pasar kripto saat ini dipicu oleh banyak variabel termasuk makroekonomi yang bertanggung jawab atas perilaku pasar saat ini. Kuartal ketiga tahun 2022 melihat pasar aset digital terus menurun karena guncangan makroekonomi.