Tenangkan Komunitas XRP, Pendiri Ripple Chris Larsen Kagumi Penciptaan Cardano
Salah satu pendiri Ripple, Chris Larsen. (Foto; Dok. Bitcoinsistemi)

Bagikan:

JAKARTA – Chris Larsen merupakan salah satu pendiri Ripple bersama David Schwartz dan Arthur Britto. XRP adalah mata uang kripto yang dikeluarkan oleh Ripple. Larsen baru-baru ini melontarkan pujian kepada pendiri Cardano, Charles Hoskinson, meskipun terjadi perselisihan kecil antara komunitas kripto dengan pendiri Cardano tersebut.

Pendiri Ripple itu mengungkapkan alasannya. Menurut Larsen, Hoskinson telah berperan penting dalam inisiatif iklim kripto yang mengarahkan supaya Bitcoin menjadi jaringan yang negatif karbon. Sebagaimana diketahui, Larsen aktif mendukung gerakan ramah lingkungan dalam industri kripto.

“Secara terpisah, beberapa orang mungkin tidak menyadarinya, tetapi Charles telah berperan penting dalam inisiatif iklim kripto +, khususnya meneliti dan mengembangkan kode untuk Proof of Useful Work (cara agar Bitcoin menjadi rantai karbon-negatif). Saya menghargai Anda terlibat dalam masalah penting ini!” ujar Chris Larsen, 9 Oktober 2022.

Di sisi lain, Ripple tengah menghadapi gugatan dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC). Mengomentari fakta tersebut, pendiri Cardano menyatakan bahwa sejumlah komunitas XRP percaya bahwa korupsi sedang terjadi di SEC. Sehingga regulator menargetkan Ripple. Hoskinson menilai bahwa itu bukan masalah utama.

Lebih lanjut Hoskinson menjelaskan bahwa alasan utama mengapa regulator turun pada aset digital adalah kurangnya kejelasan peraturan dan kerangka kerja yang ketat di mana SEC dapat bekerja. Pandangan tersebut didukung oleh pendiri Ripple, Chris Larsen.

Larsen berkomentar dengan menyatakan bahwa SEC menggunakan regulasi untuk membawa semua kripto di bawah pengawasan mereka. Kemudian, Larsen menambahkan bahwa dia menghargai keinginan Hoskinson untuk menjadikan Bitcoin sebagai rantai karbon-negatif dengan menerapkan mekanisme Proof of Useful Work, dan bahwa dia telah memberikan kontribusi besar bagi industri dalam membuat jaringan Bitcoin jadi "lebih hijau."

Meski begitu, pernyataan pendiri Ripple tersebut belum bisa menenangkan pendukung XRP yang bersikeras ada konspirasi di sekitar kasus Ripple vs SEC dan menilai bahwa Cardano kemungkinan salah satu bagian darinya. Terlepas dari semua itu, Hoskinson mengakui bahwa dirinya hanya berpendapat, tidak lebih dari itu. Namun sejumlah akun tiba-tiba menyerangnya di media sosial Twitter, sebagaimana dilansir dari U.Today.