Cardano Vasil Hard Fork: Pengertian dan Peningkatan Blockchain
Peningkatan Cardano Vasil Hard Fork. (Foto; Dok.Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Cardano akan mendapat peningkatan Hard Fork Vasil pada 22 September ini. Saat ini Cardano (ADA) menempati urutan ke-8 sebagai kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasarnya sebesar 16 miliar dolar AS, terpaut sedikit di bawah XRP.

Sebagai informasi, hard fork merupakan upgrade baru dalam jaringan untuk membuat transaksi dan blok menjadi valid. Seperti blockchain pada umumnya, pengembang IOHK Global juga aktif memberikan peningkatan dalam blockchain Cardano. Dalam waktu dekat ini Cardano mendapat peningkatan Vasil. Lalu apa itu hard fork Vasil dan apa saja peningkatan yang diberikan oleh IOHK Global?

Pengertian Hard Fork Vasil Cardano

Cardano Vasil hard fork adalah peningkatan besar pada jaringan Cardano yang bakal memberikan dampak positif bagi stabilitas dan konektivitas dalam jaringan. Upgrade ini bakal mencakup Cardano Improvement Proposal (CIP) yang meliputi CIP31, CIP32, CIP33, dan CIP34.

Mengomentari peningkatan Vasil ini, pendiri Cardano Charles Hoskinson menyambut positif upgrade yang akan diterapkan dalam beberapa waktu mendatang. Dengan adanya hard fork Vasil ini diharapkan bakal memberi peningkatan performa untuk Cardano dan platform smart contract Plutus.

Perubahan Setelah Peningkatan Vasil Cardano

Tidak sedikit yang bertanya-tanya perubahan apa yang akan dihadirkan Vasil terhadap Cardano ini. Sebagaimana yang disebutkan di atas, pendiri Cardano memaparkan peningkatan tersebut akan membawa sejumlah upgrade penting dalam hal skalabilitas pada jaringan.

Melansir Zipmex, peningkatan ini meliputi pipelining test, peningkatan logging, perilisan empat CIP: CIP-31 (Input Referensi), CIP-32 (Inline Datum), CIP-33 (Skrip Referensi) dan CIP-40 (Collateral Output), integrasi UTXO HD, dan Hydra. Fitur-fitur tersebut akan meningkatkan jangkauan pada keuangan terdesentralisasi (DeFi), pertukaran terdesentralisasi (DEX), dan smart contract.

Tidak hanya itu, berdasarkan Proposal Peningkatan Cardano (CIP) 31 memungkinkan aplikasi terdesentralisasi (DApp) dapat mengakses output transaksional tanpa harus membuatnya lagi seperti sebelumnya. Selanjutnya, CIP 32 bakal memungkinkan pengguna atau pengembang untuk menyimpan data secara on-chain yang akan mengarahkan Cardano menuju “arsitektur terdesentralisasi sebenarnya."