Cardano Umumkan <i>Hard Fork</i> Vasil Bakal Meluncur Akhir Juni Ini
Cardano hard fork Vasil. (foto: Crypto News Flash)

Bagikan:

JAKARTA – Tim pengembang Cardano, Input Output (IOHK) baru-baru ini menanggapi spekulasi terkait penundaan hard fork Vasil yang dijadwalkan meluncur bulan ini. Menurut IOHK, waktu peluncuran Vasil makin dekat.

Hal tersebut disampaikan oleh wakil presiden dan ekosistem di IOHK, Tim Harrison. Dia menyampaikan pihaknya Vasil bakal segera dirilis akhir Juni ini.

“Per pertengahan bulan, kami sangat dekat sekarang (dengan waktu peluncuran) tetapi pada akhirnya perlu menilai kesiapan DApps, pertukaran, SPO, dll. Kami akan memiliki pembaruan untuk semua orang,” kata Tim, 18 Juni 2022.

Hard fork Vasil diisukan mengalami masalah besar sehingga peluncuran bakal ditunda pada Agustus mendatang. Rumor tersebut dibantah oleh pihak IOHK. Menurut tim pengembang Cardano, semuanya berjalan sesuai rencana.

Harrison kemudian memaparkan bahwa komunitas akan diberitahu perkembangan terkini terkait hard fork Vasil. Saat ini IOHK sedang fokus pada pengembangan dan integrasi Vasil. Hard fork tersebut diharapkan bisa meningkatkan kemampuan Cardano beserta smart contract Plutusnya.

Apa itu Hard Fork Vasil Cardano?

Nama Vasil terinspirasi dari matematikawan asal Bulgaria, Vasil Dabov. Hard fork Vasil merupakan bagian dari peningkatan kapasitas jaringan dan bahasa pemrograman smart contract Cardano, Plutus. Peningkatan ini memungkinkan pengembangan aplikasi terdesentralisasi (Dapp) di jaringan Cardano, dilansir dari Emurgo.

Vasil ditujukan untuk mengurangi latensi transmisi block ke blockchain Cardano. Intinya, hard fork Vasil berfokus pada peningkatan jaringan Cardano bagi semua penggunanya, dan juga meningkatkan pengalaman pengembangan bagi developer Cardano yang menggunakan Plutus untuk membuat aplikasi terdesentralisasi mereka.

Di sisi lain, belum diketahui apakah peningkatan tersebut akan berpengaruh pada kenaikan harga kripto Cardano (ADA) di saat market bearish.