Binance.US Dukung Peningkatan Cardano Vasil Hard Fork
Upgrade Cardano Vasil Hard Fork akan segera tayang. (Foto; Dok. Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Bursa kripto Binance.US telah mengumumkan dukungannya terhadap peningkatan jaringan Cardano Vasil Hard Fork yang akan dilakukan pada 22 September besok. Informasi tersebut disampaikan oleh Binance cabang AS pada 20 September kemarin.

“BinanceUS akan mendukung peningkatan dan hard fork Cardano $ADA "Vasil" yang akan datang, yang diperkirakan terjadi pada 22 September 2022 sekitar pukul 2:45 PDT / 5:45 EDT,” tulis keterangan Binance.US, 20 September kemarin.

Berdasarkan keterangan dalam pengumuman tersebut, Binance.US akan menangguhkan sementara proses setoran (deposit) dan penarikan (withdrawal) token ADA pada tanggal berlangsungnya peningkatan Cardano Vasil.

Meski pertukaran kripto akan menangguhkan setoran dan penarikan token, perdagangan ADA dilaporkan tidak akan terpengaruh selama upgrade jaringan ini berlangsung.

Menurut Coincu, perubahan Vasil pada buku besar Cardano akan memungkinkan input dan UTXO digunakan dalam kontrak skrip tanpa harus menghabiskannya. Dengan kata lain, memfasilitasi akses ke informasi yang disimpan di blockchain tanpa menghabiskan dan membuat ulang UTXO, seperti yang terjadi sebelumnya.

Penyesuaian pada cara skrip referensi ditangani memungkinkan pengurangan yang signifikan dalam ukuran transaksi yang menjalankannya, di mana hal ini sebelumnya menyebabkan penundaan (delay) pemrosesan.

Peningkatan lain setelah Vasil akan mencakup apa yang dikenal sebagai “difussion pipelining.” Ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kecepatan dan potensi skalabilitas Cardano dengan mempersingkat sejumlah waktu kosong dengan menyebarkan blok-blok sebelumnya untuk validasi penuh mereka, sambil tetap memvalidasi header.

Vasil Hard Fork adalah peningkatan Cardano yang sangat dinanti-nantikan. Saat penulisan, harga ADA diperdagangkan di level Rp6.874. Performa harga kripto ADA mengalami peningkatan sebesar 2,4 persen dalam 24 jam terakhir. Sementara pada 2 September 2021, ADA sempat menorehkan harga tertinggi sepanjang masanya (ATH) di harga Rp44.039 per koin, berdasarkan laporan data dari Coingecko.