Bagikan:

JAKARTA - Jaringan Cardano tengah bersiap melaksanakan hard fork Chang dengan rilis terbaru perangkat lunak validator node. Hard fork ini merupakan bagian dari transisi menuju era Voltaire yang akan membawa pemerintahan jaringan terdesentralisasi.

Informasi saja, hard fork adalah perubahaan penting dalam perangkat lunak blockchain yang mendasari cryptocurrency. Biasanya, ini berdampak pada pemisahan jaringan atau perubahan penting lainnya seperti penambahan fitur anyar atau struktur data.

Hard fork Chang ini adalah versi terbaru dari validator node, Node 9.1.0, merupakan pembaruan dari Node 9.0 yang dirilis pada 8 Juli. Selain memperbaiki beberapa bug, node baru ini mengharuskan penggunaan file Conway Genesis pada mainnet, yang memungkinkan peralihan ke hard fork Chang. Implementasi hard fork dapat dilakukan setelah 70% validator telah memperbarui node mereka.

Dampak Hard Fork Chang

Para validator bergerak cepat untuk melakukan pembaruan, dengan 11% telah memperbarui pada saat artikel ini ditulis. Namun, seorang pengamat mencatat bahwa skrip dan alat bantu masih perlu diperbarui. Grup pengguna Cardano, Intersect, mengomentari bahwa pembaruan ini akan membawa “transformasi signifikan” bagi ekosistem Cardano:

"Rilis ini menandai penyelesaian pekerjaan pengembangan utama untuk fase bootstrap dari pemerintahan on-chain. […] Tonggak ini menandai pemasangan elemen inti pemerintahan terdesentralisasi, yang diluncurkan dalam dua fase yang berbeda."

Intersect menambahkan bahwa fase kedua dari pembaruan Chang akan dimulai akhir tahun ini. Fase pertama akan melihat “pemerintahan bootstrap” saat ekosistem beradaptasi dengan fitur baru, sebagaimana diprediksi dalam Cardano Improvement Proposal 1694, yang diterbitkan pada November 2022.

Menurut dokumentasi Cardano, hard fork Chang akan menciptakan mekanisme pemerintahan on-chain untuk komite konstitusional dan perwakilan delegasi yang akan memberikan suara atas nama pemegang koin Ada individual dan memberikan peran pemerintahan baru kepada operator stake pool. Proposal dan pemungutan suara akan dilakukan secara on-chain.

Pembaruan terakhir pada Cardano adalah hard fork Vasil pada September 2022, yang memungkinkan pembuatan blok lebih cepat dan meningkatkan kinerja kontrak pintar. Hard fork Alonzo pada September 2021 membawa kontrak pintar ke ekosistem.

Peluncuran perangkat lunak Chang sempat tertunda selama sebulan, kemungkinan karena pembaruan seri Node 8 yang diperlukan setelah serangan distributed denial-of-service (DDoS) pada 25 Juni.