Bagikan:

JAKARTA - Cardano (ADA), blockchain layer 1 (L1) terkemuka yang mendukung pengembangan protokol Web 3.0 terdesentralisasi dan tokenisasi, telah berkembang secara bertahap selama bertahun-tahun untuk bersaing dengan Ethereum (ETH) dan jaringan smart contract lainnya. 

Altcoin dengan kapitalisasi besar ini memiliki valuasi dilusi penuh sekitar 20 miliar dolar AS (Rp320 triliun) dan volume perdagangan harian rata-rata sekitar 428 juta dolar AS (Rp6,848 triliun), serta membanggakan lebih dari 247 juta dolar AS (Rp3,952 triliun) yang terkunci oleh proyek-proyek Web 3.0-nya.

Jaringan Cardano memiliki komunitas global daring yang dinamis dari pengembang dan investor yang dipimpin oleh salah satu pendiri, Charles Hoskinson.

Cardano Network Mendukung Pengembangan Web 3.0

Jaringan Cardano telah mendukung pengembang Web 3.0 melalui Proyek Catalyst. Hingga laporan ini dibuat, Proyek Catalyst telah mendanai 892 proposal dengan dana sekitar 69 juta dolar AS (Rp1,104 triliun), di mana  49 juta dolar AS (Rp784 miliar) sudah didistribusikan. Dalam pendanaan ke-12 dari Proyek Catalyst, sekitar 1.204 proposal diajukan tetapi hanya 258 yang didanai.

Untuk memastikan tata kelola yang kuat dari ekosistem Cardano, Yayasan Cardano mengumumkan partisipasinya dalam pemungutan suara Proyek Catalyst untuk pertama kalinya untuk memastikan proposal sejalan dengan rencana strategisnya. Yayasan Cardano fokus pada tiga bidang utama dalam pemilihan ide-ide yang diusulkan.

Pertama, Yayasan mendukung ide-ide yang meningkatkan ketahanan operasional jaringan Cardano. Yayasan juga memberikan perhatian besar pada proposal yang mempromosikan konten edukatif ke jaringan Cardano di tengah adopsi arus utama aset digital dan proyek web3. Selain itu, Yayasan mendukung ide-ide yang berfokus pada memungkinkan adopsi ADA yang lebih luas dengan mengurangi biaya operasional dan menyediakan alat yang diperlukan.

“Partisipasi ini oleh Yayasan Cardano menandai momen penting dalam terus membantu membentuk masa depan Cardano secara aktif,” kata Yayasan Cardano.

Harga ADA Siap Melonjak

Harga Cardano telah berada dalam mode koreksi untuk sebagian besar Februari hingga saat ini. Altcoin ini telah digambarkan oleh beberapa analis sebagai koin zombie sementara yang lain percaya ADA adalah raksasa yang sedang tidur.

“Kereta $ADA telah meninggalkan stasiun.. Mengharapkan 2x reli Bullish dalam jangka menengah jadi jangan sampai ketinggalan..” tulis analis kripto yang terkenal dengan nama samaran Captain Faibik di platform X pada 17 Juli 2024.

Menurut Captain Faibik, harga ADA telah memulai tren naik bullish menuju level tertinggi sepanjang masa. Dalam jangka menengah, analis kripto ini menetapkan target harga minimal 80 sen untuk ADA, yang mewakili lebih dari 100 persen kenaikan.