Bagikan:

JAKARTA - Cardano, salah satu proyek blockchain terkemuka, mendapat sorotan dari regulator AS, Komisi Bursa dan Sekuritas (SEC). SEC menuding koin utama Cardano, ADA termasuk ke dalam sekuritas. Sebagai respon terhadap klaim SEC, pendiri Cardano, Charles Hoskinson, menyangkal tuduhan tersebut.

Dalam sebuah siaran langsung baru-baru ini, Hoskinson mengklaim bahwa Cardano tidak pernah mengadakan penawaran koin awal (ICO) dan tidak menjual sekuritas. Dia juga menguraikan bahwa Cardano memiliki model tata kelola yang lebih demokratis dan partisipatif daripada Bitcoin, yang didominasi oleh sekelompok penambang besar.

Pernyataan Hoskinson ini mendapat tanggapan dari Adam Back, CEO Blockstream, perusahaan yang berfokus pada pengembangan Bitcoin. Back menegaskan bahwa Bitcoin berbeda secara mendasar dari Cardano karena tidak memiliki CEO, tidak mengadakan ICO, dan tidak memiliki yayasan atau foundation yang didukung oleh token yang diterbitkan selama ICO.

Back juga menambahkan bahwa Bitcoin dianggap sebagai komoditas oleh hukum AS, sementara Cardano dan Ether, koin kripto kedua terbesar, dianggap sebagai sekuritas. Hal ini berarti bahwa Bitcoin mendapat perlakuan yang berbeda dan  menguntungkan dari regulator.

Hoskinson tidak tinggal diam dan membela Cardano dengan menjelaskan bahwa proyek tersebut hanya menjual voucher untuk koin ADA di Jepang pada awal pengembangan proyek, antara 2015 dan 2017. Voucher tersebut dijual dalam mata uang Yen dan Bitcoin, dan hanya ditujukan untuk investor Jepang saja. Hoskinson menekankan tidak ada investor AS yang terlibat dalam penjualan tersebut, sehingga tidak dapat dianggap sebagai ICO.

Hoskinson juga mengungkapkan bahwa Cardano mengumpulkan sekitar 108.844,5 BTC dari penjualan voucher tersebut, dengan sebagian hasilnya disumbangkan ke Cardano Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk mendukung pengembangan dan adopsi Cardano.

Dana lainnya digunakan untuk pengembangan proyek. Kemudian, tim Cardano juga menerima koin ADA sebagai kompensasi atas kerja keras mereka dalam masa-masa awal pengembangan Cardano.