Charles Hoskinson: Cardano Akan Masuki Era Voltaire
Cardano akan masuki era Voltaire. (Foto; Dok. Cardano)

Bagikan:

JAKARTA – Mata uang kripto Cardano (ADA) yang menempati urutan kedelapan terbesar berdasarkan kapitalisasi pasarnya dilaporkan bakal memasuki era Voltaire. Saat ini blockchain Cardano berada dalam fase Basho yang merupakan tahap pengoptimalan, peningkatan skalabilitas dan jaringan.

Berdasarkan laman resminya, Cardano memiliki lima fase dalam roadmap-nya yang meliputi era Byron, Shelley, Goguen, Basho, dan Voltaire. Ketiga fase sudah dilewati dan kini Cardano berada pada era Basho sebelum memasuki era Voltaire.

Sebagai informasi, Era Basho Cardano adalah era pengoptimalan, meningkatkan skalabilitas dan interoperabilitas jaringan. Jika era pengembangan sebelumnya berfokus pada desentralisasi dan fungsionalitas baru, Basho adalah tentang meningkatkan kinerja yang mendasari jaringan Cardano untuk mendukung pertumbuhan dan adopsi yang lebih baik untuk aplikasi dengan volume transaksi tinggi.

Pendiri Cardano, Charles Hoskinson, baru-baru ini mengumumkan bahwa blockchain Cardano bakal segera memasuki era Voltaire yang ditujukan untuk pengembangan tata kelola terdesentralisasi atau governance dalam ekosistemnya.

Zaman Voltaire akan segera menghampiri kita sebagai sebuah ekosistem. Ini akan membuka kekuatan jutaan pengguna dan pengembang Cardano. Ini juga akan, sekali lagi, menunjukkan kepada seluruh industri bagaimana melakukan tata kelola terdesentralisasi seperti yang kami lakukan dengan Staking,” tulis Hoskinson dalam cuitan Twitter @IOHK_Charles, 3 Oktober 2022.

Mengenal Era Voltaire Cardano

Berdasarkan keterangan resmi dari laman roadmap Cardano, era Voltaire akan memberikan bagian terakhir yang diperlukan agar jaringan Cardano menjadi sistem yang mandiri. Dengan diperkenalkannya sistem pemungutan suara dan perbendaharaan, peserta jaringan akan dapat menggunakan hak kepemilikan dan hak suara mereka untuk memengaruhi pengembangan jaringan di masa depan.

Pada saat itu, pengguna blockchain akan memiliki lebih banyak suara dalam arah jaringan karena mereka dapat mengajukan proposal peningkatan Cardano. Perbendaharaan juga akan tersedia untuk mendanai CIP (Cardano Improvement Proposal) apa pun yang disahkan oleh komunitas. Sebagian dari biaya transaksi akan dikumpulkan untuk perbendaharaan.

Menurut laman Cardano, Voltaire akan menandai berakhirnya manajemen IOHK atas Cardano dan awal evolusinya menjadi jaringan blockchain yang "benar-benar terdesentralisasi."

Saat penulisan harga koin asli Cardano, ADA, diperdagangkan di level Rp6.578. Harga ADA mengalami kenaikan 1 persen dalam 24 jam terakhir. ADA sempat menyentuh harga tertinggi sepanjang masanya pada 2 September 2021 di harga Rp44.039 per koin.