Bagikan:

JAKARTA – Naiknya harga cryptocurrency nomor satu, Bitcoin, rupanya memicu kenaikan harga alternatif koin atau altcoin dalam beberapa hari terakhir. Seperti yang dialami Solana (SOL), Cardano (ADA), XRP, dan Polygon MATIC. Selain faktor tersebut, kenaikan juga disebabkan oleh pengembangan dan peningkatan proyek masing-masing koin.

Mata uang kripto Solana naik sebesar 9,29 persen pada tanggal 15 Februari, mencapai 23,77 dolar AS, karena investor fokus pada Grizzlython, hackathon enam minggu yang diumumkan oleh Solana. Ada lebih dari 5.000 pengembang yang mendaftar untuk acara ini, dengan hadiah sebesar 5 juta dolar AS (setara Rp76 miliar) dan pendanaan awal yang bisa didapatkan.

Cardano juga menjadi berita utama karena naik sebesar 8,3 persen pada hari yang sama, setelah peningkatan Valentine Cardano secara langsung aktif di mainnet Cardano. Peningkatan ini bertujuan untuk meningkatkan fitur interoperabilitas dan keamanan blockchain Cardano, menyediakan fungsionalitas lintas rantai tambahan dan peningkatan pengembang back-end.

Harga XRP tetap stabil meskipun ketidakpastian hukum dengan SEC masih ada, karena volume perdagangan meningkat sebesar 15,46 persen dalam periode yang sama. Paus yang dirasakan dan aktivitas transaksi on-chain yang unik melaporkan oleh Whale Alert berkontribusi pada kenaikan volume perdagangan.

MATIC Polygon juga menunjukkan tanda-tanda bullish dari sudut pandang teknikal, setelah mengalami kenaikan dalam beberapa pekan. Salah satu aspek dari Polygon yang menjanjikan adalah kemitraan yang telah ditandatangani oleh jaringan ini selama setahun terakhir. Perusahaan video game terkenal Square Enix bekerja sama dengan Polygon untuk memperkenalkan pengalaman mengoleksi karya seni baru dengan sentuhan game, sementara Doritos Triangle Studios terjun ke dunia NFT yang sedang berkembang di Polygon Network.

Meskipun kenaikan harga pada keempat mata uang kripto ini adalah sebagian karena pengembangan mereka sendiri, mereka juga memanfaatkan kenaikan umum dalam pasar mata uang kripto. Investor semakin melirik Solana dan Cardano karena masing-masing menawarkan kelebihan dalam hal teknologi dan kinerja pasar.

Harga XRP terus menunjukkan stabilitas yang baik meskipun ketidakpastian hukum dengan SEC. MATIC Polygon terus menunjukkan tanda-tanda bullish dari sudut pandang teknikal dan memiliki ekosistem dengan kemitraan yang menjanjikan.