Bagikan:

JAKARTA - Menjelang perilisannya dalam beberapa hari lagi, Naughty Dog akhirnya membagikan fitur aksesibilitas gim The Last of Us Part I. 

“Kami mengharapkan ini menjadi pengalaman yang dapat diakses oleh pemain tunanetra, untuk pemain tuli, untuk pemain dengan kebutuhan aksesibilitas motorik,” jelas Direktur Game Matthew Gallant dalam blog PlayStation. 

Gallant menyampaikan bahwa fitur terbesar yang mereka miliki adalah deskripsi audio. Dalam menghadirkan fitur itu, Naughty Dog bermitra dengan Descriptive Video Works.

Selanjutnya adalah fitur yang sukses dijalankan selama masa uji coba, yaitu fitur yang memainkan dialog melalui pengontrol PS5 DualSense sebagai umpan balik haptic. 

"Dengan cara itu seorang pemain tunarungu dapat merasakan cara sebuah dialog disampaikan, dapat merasakan penekanannya, bersama dengan subtitle untuk memberikan gambaran tentang bagaimana baris tersebut disampaikan," tambah Gallant. 

Lebih lanjut, The Last of Us Part I juga akan memiliki tiga prasetel aksesibilitas yang mengonfigurasi semua pengaturan yang direkomendasikan untuk aksesibilitas penglihatan, pendengaran, dan motorik. 

"Anda bebas untuk menyesuaikan preset ini lebih lanjut agar lebih sesuai dengan kebutuhan Anda," jelasnya. 

The Last of Us Part I akan dirilis untuk PS5 pada 2 September. Pengembang sedang dalam pengembangan untuk versi PC. Untuk sementara ini, tanggal rilis belum dikonfirmasi, namun itu dipastikan akan datang setelah versi PS5 dirilis. 

Tidak lupa, Naughty Dog juga telah merilis cuplikan baru dari gameplay, yang membandingkan bagaimana Capitol Building muncul di The Last of Us Remastered untuk PS4 dan Part I untuk PS5.