SpaceX dan T-Mobile Jalin Kerja sama Layanan Internet Global
SpaceX dan T-Mobile jalin kerja sama baru. (foto: t-mobile)

Bagikan:

JAKARTA – Perusahaan pembuat roket, SpaceX, mengumumkan   pada  Rabu, 24 Agustus  bahwa sang pendiri Elon Musk dan Chief Executive Officer T-Mobile US Inc,  Mike Sievert akan mengumumkan rencana untuk meningkatkan konektivitas kedua perusahaan pada  Kamis, 25 Agustus.

Kerja sama ini diyakini akan memperluas jangkauan T-Mobile sebagai perusahaan mobilitas dan komunikasi di AS. Keduanya bisa menjadi kekuatan utama telekomunikasi dunia di masa depan.

Namun publik masih bertanya-tanya apa saja isi kerja sama itu. Pasalnya sulit untuk mengetahui apa sebenarnya yang akan dibahas oleh kedua perusahaan tersebut. Mungkinkah itu semacam pengumuman spektrum? Kemitraan untuk memperkuat koneksi internet satelit Starlink yang terkadang kelebihan beban di daerah pedesaan dan produk internet rumahan T-Mobile yang tidak memiliki jangkauan yang cukup?

Apakah ada kesepakatan SpaceX untuk pelanggan T-Mobile? Publik masih harus mendengarkan pertunjukan tambahan untuk melihat secara lebih pasti.

Musk, kepala eksekutif SpaceX dan orang terkaya di dunia, mengatakan dalam sebuah tweet bahwa itu akan menjadi "sesuatu yang istimewa".

Divisi komunikasi satelit SpaceX, Starlink, saat ini meluncurkan mega-konstelasi satelit ke orbit rendah Bumi dengan tujuan menyediakan konektivitas internet ke wilayah-wilayah yang kurang terlayani di dunia.

 SpaceX terus meluncurkan sekitar 2.700 satelit Starlink ke orbit rendah Bumi sejak 2019 dan telah mengumpulkan ratusan ribu pelanggan.

Persaingan di sektor internet satelit yang mengorbit di Bumi sangat sengit antara SpaceX, operator satelit OneWeb, dan proyek Kuiper Jeff Bezos, sebuah unit dari raksasa e-commerce Amazon.com Inc.