Bagikan:

JAKARTA – SpaceX menerima persetujuan sementara untuk menyediakan layanan Direct to Cell bagi masyarakat Florida. Jaringan internet darurat berbasis satelit ini sedang dipersiapkan untuk menghadapi Badai Milton.

Melalui platform X, perusahaan milik Elon Musk itu menjelaskan bahwa mereka telah menerima otoritas khusus dari Komisi Komunikasi Federal (FCC). Setelah mendapatkan izin, SpaceX telah mengaktifkan lebih dari 100 satelit Direct to Cell di wilayah yang terdampak.

"Tim Starlink dan T-Mobile mengaktifkan satelit Direct to Cell kami untuk memberikan peringatan darurat bagi semua ponsel dan operator seluler di wilayah yang terkena dampak. FCC juga telah menyetujui otoritas sementara khusus darurat," kata SpaceX. 

Selain menyediakan ratusan satelit untuk semua perangkat dan operator, SpaceX juga telah mengaktifkan layanan pesan teks darurat berupa SMS bagi pelanggan T-Mobile. Melalui layanan ini, pengguna bisa menerima peringatan darurat dan mengirimkan pesan ke 911 atau keluarga. 

"Jika telepon terhubung ke satelit Starlink, telepon akan memiliki 1 hingga 2 bar sinyal dan menampilkan 'T-Mobile SpaceX' pada nama jaringan," jelas SpaceX. "Layanan ini berfungsi paling baik di luar ruangan, dan terkadang berfungsi di dalam ruangan dekat jendela."

Badai Milton merupakan angin kencang yang terbentuk sebagai depresi tropis di atas Teluk Meksiko, menurut Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional AS (NOAA). Badai ini muncul pada 5 Oktober dalam kecepatan standar, tetapi mulai berubah dalam 24 jam.

Pada 6 Oktober, Badai Milton naik ke dalam kategori 1 dengan kecepatan angin sebesar 35mph. 24 jam berikutnya, intensitas kecepatan angin ini kembali meningkat menjadi 95mph dan puncaknya pada 7 Oktober dengan kecepatan 180mph. Kini, Badai Milton masuk ke kategori 5.

Ketika memasuki kategori maksimum, badai ini mampu merusak seluruh rumah, menghancurkan kabel listrik, membuat pohon-pohon tumbang, dan kerusakan besar lainnya. Jika masyarakat tidak dievakuasi, badai yang sangat besar ini bisa menyebabkan korban jiwa.

Milton merupakan badai terkuat kelima yang pernah tercatat di cekungan Atlantik. Badai kategori 5 pun jarang terjadi, bahkan hanya tercatat di enam tahun yang berbeda. Badai ini pernah terjadi lebih dari satu kali pada tahun 1950, dua kali pada 1961, empat kali pada 2005, dan dua kali pada 2007, 2017, serta 2019.