Bagikan:

JAKARTA – SpaceX akan menawarkan Starlink, layanan internet satelit, secara gratis kepada masyarakat yang terdampak Badai Helene di North Carolina. Bantuan ini diberikan agar masyarakat bisa mengakses internet.

Melalui halaman khusus layanan tersebut, SpaceX menjelaskan bahwa bantuan ini hanya diberikan selama 30 hari sejak jaringan internet satelit diaktifkan. Bantuan ini diberikan kepada seluruh masyarakat yang pernah berlangganan dan belum pernah berlangganan.

"Starlink bertujuan untuk memungkinkan siapa pun yang terkena dampak bencana alam untuk dapat mengakses konektivitas internet. Bagi mereka di wilayah yang terkena dampak Badai Helene, Starlink menawarkan layanan gratis untuk bulan pertama," kata SpaceX. 

Meski diberikan secara gratis untuk pelanggan yang terdampak Badai Helene, ada beberapa persyaratan yang SpaceX tetapkan. Perusahaan antariksa itu menjelaskan bahwa bantuan ini hanya diberikan untuk korban di area dengan kategori Helene Relief. 

Kategori ini akan terlihat saat pengguna mengajukan paket berlangganan untuk pertama kali atau ingin mengajukan kit tambahan. Jika pilihan Helene Relief tidak terlihat, maka orang yang mengajukan paket dianggap tidak layak untuk mendapatkan bantuan tersebut. 

"Hanya area layanan yang terdampak oleh Helene yang akan menampilkan opsi layanan 'Helene Relief'. Jika Anda tidak melihat opsi 0 dolar AS, area Anda tidak memenuhi syarat. Jika Anda yakin ini adalah kesalahan, harap beri tahu kami," jelas SpaceX. 

Setelah mendapatkan bantuan layanan gratis dari Starlink, pelanggan akan dipindahkan ke paket Residential berbayar yang masih terikat dengan lokasi tempat layanannya digunakan. Jika infrastruktur komunikasi di wilayah tersebut masih memerlukan bantuan, SpaceX mungkin akan memperpanjang durasi bantuannya.