Bagikan:

JAKARTA - Badan Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (OSHA) Tennessee di Amerika Serikat (AS) melakukan penyelidikan imbas buruh pabrik injeksi plastik dipaksa masuk kerja saat badai Helene melanda.

Para buruh Impact Plastics itu tersapu banjir yang disebabkan Badai Tropis Helene kategori 4. Kejadian ini meyebabkan korban kematian.

Mengutip NBC News, sejumlah pekerja dan keluarga yang dimintai keterangan mengatakan para buruh dituntut masuk kerja saat ancaman badai Helene di Erwin, Tennessee.

Buruh baru diizinkan pulang jika banjir sudah memasuki area parkir pabrik. Mereka pun mengatakan sepatutnya buruh diperbolehkan pulang lebih awal bahkan kerja di rumah saat ancaman bandai Helene melanda.

Alhasil banjir akibat badai Helene tak dapat dihindari para buruh. Mereka tersapu banjir saat keluar pabrik.

Biro Investigasi Tennessee (TBI) juga turun tangan dalam kasus ini dengan membuka penyelidikan atas tuduhan yang mengarah pada Impact Plastics.

Impact Plastics menanggapinya dengan mengatakan bakal kooperatif atas penyelidikan yang dilakukan OSHA dan TBI.

"Perusahaan sedang melakukan peninjauan internal atas peristiwa dan kronologi pada tanggal 27 September dan akan membagikan informasi tersebut setelah peninjauan selesai," bunyi pernyataan perusahaan itu, Kamis 3 Oktober.