Roket Falcon 9 SpaceX yang Membawa 46 Satelit Starlink Berhasil Diluncurkan pada Hari Minggu
Roket SpaceX Falcon 9 yang membawa 46 satelit Starlink (foto: SpaceX)

Bagikan:

JAKARTA - SpaceX telah berhasil meluncurkan Roket Falcon 9 dengan 46 satelit internet Starlink dari Pangkalan Angkatan Luar Angkasa Vandenberg, California pada hari Minggu, 10 Juli. 

Menurut laporan Space, sekitar 8,5 menit setelah lepas landas, tahap pertama Falcon 9 kembali ke Bumi dan mendarat di pesawat tak berawak SpaceX yang ditempatkan di Samudra Pasifik.

Peluncuran 46 satelit Starlink pada hari Minggu merupakan misi orbit ke-29 tahun untuk SpaceX, itu juga merupakan peluncuran dan pendaratan keenam untuk tahap pertama Falcon 9. 

Perusahaan membagikan kabar melalui Twitter bahwa penyebaran 46 satelit Starlink telah dikonfirmasi. Tahap atas Falcon 9, yang mengerahkan 46 satelit Starlink ke orbit Bumi rendah ini dikonfirmasi oleh SpaceX  63 menit setelah lepas landas sesuai rencana. 

Hingga saat ini, SpaceX telah meluncurkan lebih dari 2.750 satelit Starlink, dan mengatakan bahwa jumlahnya akan terus bertambah di masa-masa mendatang.

Lebih lanjut, perusahaan juga telah memiliki persetujuan untuk meluncurkan 12.000 pesawat Starlink, dan telah mengajukan permohonan kepada regulator internasional untuk izin untuk menerbangkan hingga 30.000 lebih di atas itu. 

Di Indonesia, presiden Joko Widodo juga sudah menjalin kerja sama dengan Elon Musk untuk membangun prototipe Low Earth Orbit untuk jaringan internet Starlink yang diharapkan dapat menjangkau wilayah-wilayah pedesaan di Indonesia.