Roket SpaceX Falcon 9 Akan Luncurkan 21 Satelit Starlink Pada 25 September
SpaceX, kembali meluncurkan roket Falcon 9 pada 25 September pukul 3.23 EDT atau 14.23 WIB. (foto: dok. spacex)

Bagikan:

JAKARTA - SpaceX, perusahaan produksi dan peluncuran roket milik Elon Musk, akan kembali meluncurkan roket Falcon 9 pada 25 September pukul 3.23 EDT atau 14.23 WIB.

Rencananya, Falcon 9 akan meluncur dengan membawa 21 satelit Starlink ke orbit. Falcon 9 akan lepas landas di Pangkalan Angkatan Luar Angkasa Vandenberg, Florida.

SpaceX akan menyiarkan peluncuran roket mereka melalui platform X, sebelumnya dikenal dengan Twitter, secara langsung. Siaran langsung ini akan dimulai sekitar lima menit sebelum lepas landas dilakukan.

Dikutip dari Space, Falcon 9 akan kembali ke bumi dan mendarat di kapal drone SpaceX yang berada di laut sekitar 8,5 menit setelah peluncuran. Namun, kembalinya Falcon 9 ke kapal drone bisa terjadi jika lepas landas berjalan sesuai rencana.

Sementara itu, 21 satelit yang dibawa oleh Falcon 9 akan dikerahkan ke orbit rendah bumi (LEO). Peluncuran ini akan menambah jumlah Starlink yang sudah berada di LEO, yakni sekitar 4.750 satelit.

Jumlah satelit ini pun akan terus bertambah karena SpaceX bertekad membangun megakonstelasi Starlink. Sejauh ini SpaceX diizinkan meluncurkan 12.000 satelit, tetapi SpaceX mengajukan izin penambahan hingga 30.000 satelit.

Sebelumnya, Falcon 9 diluncurkan dengan membawa 22 satelit ke LEO pada Selasa, 20 September. Falcon 9 lepas landas dari Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral, Florida.

Dengan peluncuran pada 20 September lalu, SpaceX telah melakukan lepas landas dan pendaratan roket sebanyak 17 kali untuk tahap pertama dari Falcon 9. Angka ini mengalahkan dua booster Falcon 9 yang hanya mencapai angka 16.