SpaceX Akan Luncurkan Roket Falcon ke-17 dari Florida
Peluncuran 22 satelit starlink melalui roket Falcon 9 (foto: twitter @SpaceX)

Bagikan:

JAKARTA - SpaceX berencana meluncurkan roket Falcon 9 untuk yang ke-17 kalinya pada 19 September pukul 10.47 p.m. EDT atau pukul 09.47 WIB pada tanggal 20 September jika diukur dalam waktu Indonesia.

Falcon 9 akan diluncurkan dari Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral di Florida dan bisa disaksikan secara langsung lewat akun resmi SpaceX di platform X, sebelumnya Twitter. Siaran langsung ini diperkirakan tayang lima menit sebelum peluncuran.

Dikutip dari Space, Falcon 9 akan meluncur dengan 22 satelit internet Starlink. Setelah 8,5 menit diluncurkan, Falcon 9 diperkirakan akan kembali ke bumi dan mendarat di kapal drone SpaceX bernama A Shortfall of Gravitas yang berada di  laut.

Selain berhasil meluncurkan roket yang ke-17 kali, peluncuran Falcon 9 yang telah dijadwalkan ini akan menandai rekor lainnya dari SpaceX, yakni pemecahan rekor pada misi orbit yang SpaceX kerahkan tahun ini.

SpaceX  telah menyelesaikan misi orbit ke-65 setelah peluncuran roket Falcon 9 dan pengerahan 22 satelit Starlink ke orbit dari Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral, Florida pada Sabtu, 16 September lalu.

Dengan peluncuran ini, SpaceX bertekad membangun megakonstelasi Starlink dengan puluhan ribu satelit. Hingga saat ini SpaceX sudah membangunnya dengan 4.700 satelit operasional.

Jumlah satelit ini akan terus bertambah karena SpaceX sudah disetujui untuk menyebarkan 12.000 satelit. SpaceX juga telah mengajukan persetujuan yang baru untuk menambah jumlah satelit ini menjadi 30.000.