Alasan Bill Gates Ogah Investasi di <i>Cryptocurrency</i>
Bill mengaku tidak investasi di kripto. (foto : dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA – Pendiri Microsoft, Bill Gates mengungkapkan alasannya mengenai mata uang kripto. Secara tegas Gates mengaku dirinya tidak berinvestasi pada Bitcoin atau cryptocurrency lainnya.

Hal tersebut disampaikan Gates dalam sesi Reddit Ask Me Anything (AMA) yang berlangsung pada Kamis, 19 Mei 2022. Ketika dia ditanya apakah memiliki Bitcoin, dia menjawab: “Saya tidak memilikinya. Saya suka berinvestasi dalam hal-hal yang memiliki hasil yang berharga.”

Lebih lanjut, Gates menyatakan bahwa nilai kripto diputuskan oleh orang lain.

Dia menambahkan: “Nilai perusahaan didasarkan pada bagaimana mereka membuat produk hebat. Nilai crypto hanyalah apa yang diputuskan oleh orang lain kepada orang lain sehingga tidak menambah (nilai bagi) masyarakat seperti investasi lainnya.”

Senada dengan pandangan Gates, bos Barkshire Hathaway Warren Buffet menyatakan alasannya tidak berinvestasi dalam Bitcoin maupun kripto lain.

“Itu (Bitcoin) tidak menghasilkan apa-apa,” kata Buffett. “Apa yang akan saya lakukan dengan itu? Saya harus menjualnya kembali kepada Anda dengan satu atau lain cara. Itu tidak akan menghasilkan apa-apa,” tegasnya.

Sebelumnya, Gates sempat menyatakan bahwa mata uang kripto digunakan oleh para kriminal. Oleh karena itu, dia menilai “akan lebih baik untuk menyingkirkannya.”

Pendiri Microsoft itu juga sempat mengomentari Elon Musk yang memborong Bitcoin pada tahun 2021 lalu. Menurutnya, Elon Musk memiliki uang berlebih, karenanya dia tidak perlu khawatir pada volatilitas harga Bitcoin.

“Elon memiliki banyak uang, dan dia sangat canggih, jadi saya tidak khawatir bitcoin-nya akan naik atau turun secara acak,” ujar Gates.

“Jika Anda memiliki uang lebih sedikit daripada Elon, Anda mungkin harus berhati-hati,” pungkasnya.