Melinda Gates Ajukan Perceraian di King County, Belum Ada Rincian Harta Gono Gini
Melinda Gates bersama Bill Gates. (Wikimedia Commons/World Economic Forum)

Bagikan:

JAKARTA - Pasangan miliarder dermawan Bill Gates dan Melinda Gates telah memutuskan untuk mengajukan perceraian setelah 27 tahun menikah. Pasangan itu mengatakan pada Hari Senin dalam pengumuman bersama yang mengguncang dunia filantropi.

"Setelah banyak pemikiran dan banyak pekerjaan pada hubungan kami, kami telah membuat keputusan untuk mengakhiri pernikahan kami," kata keduanya dalam sebuah pernyataan yang diunggah di akun Twitter Bill Gates, melansir Reuters, Selasa 4 Mei. 

"Kami tidak lagi percaya kami bisa tumbuh bersama sebagai pasangan di fase selanjutnya dalam hidup kami. Kami meminta ruang dan privasi untuk keluarga kami, saat kami mulai menjalani kehidupan baru ini," lanjut pasangan yang memiliki tiga anak ini.

Melansir CNN, Melinda Gates mengajukan petisi cerai di King County, Washington, pada Hari Senin, meminta hakim untuk membubarkan pernikahan berdasarkan kontrak perpisahan pasangan tersebut. Tidak ada rincian keuangan yang disertakan dalam dokumen yang tersedia untuk umum.

"Kami telah membesarkan tiga anak yang luar biasa dan membangun sebuah yayasan yang bekerja di seluruh dunia, untuk memungkinkan semua orang menjalani kehidupan yang sehat dan produktif," papar pernyataan tersebut.

"Kami terus berbagi keyakinan dalam misi itu dan akan melanjutkan pekerjaan kami bersama di yayasan, tetapi kami tidak lagi percaya bahwa kami dapat tumbuh bersama sebagai pasangan dalam fase selanjutnya dalam hidup kami," lanjut pernyataan tersebut.

Bill dan Melinda Gates bertemu di Microsoft yang didirikan Bill Gates dan saat itu menjabat sebagai CEO. Sementara, Melinda memulai karirnya sebagai satu-satunya manajer produk wanita lulusan MBA yang bergabung dengan perusahaan, dan akhirnya naik pangkat menjadi manajer umum produk informasi. 

Mereka bertemu tidak lama setelah Melinda bergabung dengan perusahaan pada tahun 1987, pada jamuan makan malam bisnis di New York. Melinda menggambarkan pertemuan dengan Bill Gates dalam bukunya, "The Moment of Lift

"Saya datang terlambat, dan semua meja terisi kecuali satu, yang masih memiliki dua kursi kosong berdampingan. Saya duduk di salah satunya. Beberapa menit kemudian, Bill tiba dan duduk di kursi lainnya, " kenang Melinda yang menikah dengan Bill di Hawaii tahun 1994 silam.

Selama setahun terakhir, Gates, melalui yayasan mereka, telah terlibat dalam perang melawan COVID-19 dan upaya untuk mengembangkan perawatan dan vaksin, serta mendistribusikannya secara merata ke seluruh dunia. Pada Desember, grup tersebut telah memberikan total $ 1,75 miliar untuk penanggulangan pandemi global.

Pada Maret 2020, Bill Gates mengundurkan diri dari dewan direksi Microsoft dan Berkshire Hathaway untuk "mendedikasikan lebih banyak waktu untuk prioritas filantropisnya," termasuk bekerja untuk mengatasi perubahan iklim.

Melinda Gates yang juga pendiri perusahaan investasi Pivotal Ventures, yang mengonfirmasi perpisahan pasangan itu.

"Kami meminta ruang dan privasi untuk keluarga kami saat kami mulai menjalani kehidupan baru ini," kata pasangan itu dalam pernyataan mereka Senin. Yayasan Bill dan Melinda Gates tidak segera membalas permintaan komentar dari CNN Business.