Akhir Kisah Cinta Pasangan Miliarder Bill dan Melinda Gates
Bill dan Melinda Gates (Instagram @thisisbillgates)

Bagikan:

JAKARTA - Bill dan Melinda Gates memutuskan untuk bercerai. Pasangan filantropis yang juga pendiri Microsoft itu memutuskan bercerai setelah 27 tahun menikah.

Lewat akun Twitter masing-masing, keduanya mengumumkan kabar perceraian mereka. Baik Bill Gates maupun Melinda tidak mengungkapkan detail penyebab perceraian keduanya. 

"Setelah banyak pertimbangan dan usaha untuk hubungan kami, kami membuat keputusan untuk mengakhiri pernikahan," tulis Bill melalui akun Twitter @billGates, Selasa, 4 Mei.

Pengumuman mengejutkan datang kurang dari dua minggu setelah pasangan itu muncul secara virtual di sebuah acara untuk petugas kesehatan yang memerangi pandemi. Mengingat keduanya telah dikaruniai tiga orang anak. 

"Selama lebih dari 27 tahun, kami membesarkan tiga anak-anak yang luar biasa dan membangun yayasan yang bekerja untuk seluruh dunia demi memungkinkan semua orang menjalani hidup yang sehat dan produktif," imbuh Bill. 

Meski bercerai, keduanya tetap akan melanjutkan pekerjaan mereka di badan amal Bill & Melinda Gates Foundation. Dalam tulisan tersebut, Bill juga menyampaikan bahwa dia dan keluarganya menginginkan privasi untuk memulai kehidupan baru.

"Kami meminta ruang dan privasi bagi keluarga kami sebagaimana kami memulai kehidupan baru kami," Isi tulisan yang sama juga diunggah Melinda lewat akun Twitternya @melindagates. 

Dirangkum dari laman BBC, Bill dan Melinda mulai merajut kasih sejak pertemuannya di Microsoft. Kala itu Melinda bergabung dengan Microsoft sebagai manajer produk pada tahun 1987. 

"Kami sangat peduli satu sama lain dan hanya ada dua kemungkinan, apakah kita putus atau kita menikah," kata Bill dalam film dokumenter Inside Bill's Brain: Decoding Bill Gates yang tayang di Netflix.

Melinda mengatakan bahwa Bill menghabiskan waktu berminggu-minggu memperdebatkan apakah mereka harus menikah atau tidak, dan bahkan membuat daftar pro dan kontra pernikahan di papan tulis. Hingga akhirnya mereka berdua resmi menikah pada 1994 di Lanai, Hawaii.

Selama 27 tahun usia pernikahan, Bill dan Melinda dikarunia tiga anak, yakni Rory John Gates, Phoebe Adele Gates, dan Jennifer Katherine Gates. Bill maupun Melinda juga belum mengumumkan soal detail pembagian harta gono-gini terkait keputusan cerai mereka.

Meski begitu, keduanya ditaksir memiliki kekayaan bersih sekitar 130 miliar dolar AS atau setara Rp1.878 triliun. Baik Bill dan Melinda juga menyumbangkan hasil dividen saham Microsoft untuk yayasan mereka bersama pengusaha Warren Buffet.