Bill Gates Bertemu Jeffrey Epstein, Melinda Gates Telepon Pengacara Perceraian
Bill Gates bersama Melinda Gates (Wikimedia Commons/Kjetil Ree)

Bagikan:

JAKARTA - Ada nama mendiang Jeffrey Epstein, di balik perceraian konglomerat dunia Bill Gates dengan sang istri Melinda Gates. Melansir Al Jazeera dari The Wall Street Journal (WSJ), Melinda menemui pengacara perceraiannya setelah terungkapnya pertemuan Bill dengan Epstein.

Epstein sendiri merupakan terpidana asusila yang meninggal di penjara pada Agustus 2019, saat menunggu persidangan atas dakwaan perdagangan seks federal Amerika Serikat

Pendiri Microsoft Bill Gates bertemu dengan Epstein pada banyak kesempatan mulai tahun 2011, setelah Epstein telah dihukum karena kejahatan seks, The New York Times melaporkan pada Oktober 2019, mengutip lebih dari selusin orang yang mengetahui hubungan tersebut.

Melinda Gates telah memberi tahu Bill bahwa dia tidak nyaman dengan Epstein, setelah pasangan itu bertemu dengannya pada tahun 2013, mantan karyawan Gates Foundation mengatakan kepada WSJ. Tetapi, Bill dan karyawan yayasan lainnya terus menjalin hubungan dengan Epstein.

Setidaknya tiga dari pertemuan Bill Gates dan Epstein diadakan di townhouse mewah Mr. Epstein di Manhattan dan melibatkan Bill "setidaknya sekali menginap hingga larut malam, Times melaporkan pada 2019.

Melinda Gates mengadakan sejumlah panggilan telepon dengan penasihatnya pada 2019, setelah laporan Times tentang Bill dan Epstein diterbitkan, kata WSJ, mengutip dokumen yang telah ditinjau.

Melinda dan Bill Gates mengumumkan keputusan mereka untuk bercerai setelah 27 tahun menikah dalam pernyataan bersama yang diposting secara bersamaan ke akun Twitter mereka minggu lalu.

"Selama 27 tahun terakhir, kami telah membesarkan tiga anak yang luar biasa dan membangun sebuah yayasan yang bekerja di seluruh dunia untuk memungkinkan semua orang menjalani kehidupan yang sehat dan produktif," bunyi pernyataan itu. 

"Kami terus berbagi keyakinan dalam misi itu dan akan melanjutkan pekerjaan kami bersama di yayasan, tetapi kami tidak lagi percaya kami dapat tumbuh bersama sebagai pasangan dalam fase kehidupan kami selanjutnya," sambung pernyataan tersebut.

Petisi bersama yang diajukan oleh pasangan itu di pengadilan Seattle untuk membubarkan pernikahan mereka menyebutnya 'rusak tak dapat diperbaiki'.

Menanggapi permintaan WSJ untuk berkomentar tentang hubungannya dengan Epstein, juru bicara Bill Gates mengarahkan makalah tersebut ke jawaban yang sebelumnya dia berikan kepada WSJ dalam wawancara September 2019. 

"Saya bertemu dengannya. Saya tidak memiliki hubungan bisnis atau persahabatan dengannya," jawab juru bicara Bill Gates.

Mantan teman Epstein, Ghislaine Maxwell, baru-baru ini mengaku tidak bersalah atas tuduhan perdagangan seks federal. Dia ditahan di penjara Kota New York dan akan diadili musim panas ini. Jaksa penuntut menuduh Maxwell, seorang sosialita Inggris, membantu Epstein melakukan pelecehan seksual terhadap gadis-gadis.

Sementara Gates belum mengatakan apa yang memulai perceraian mereka, itu telah mengguncang dunia filantropi. 

Kekayaan bersih Bill Gates diperkirakan mencapai 130,5 miliar dolar Amerika Serikat, menurut Forbes, dan dia telah menyumbangkan saham Microsoft senilai 35,8 miliar dolar Amerika Serikat ke yayasan pasangan itu.

Sehari setelah pasangan itu mengumumkan perceraian mereka, perusahaan induk Bill Gates, Cascade Investment, mentransfer saham senilai 1,8 miliar dolar Amerika Serikat ke Melinda Gates.

Terkait