8 Fakta Bill Gates, Punya Kekayaan Capai Rp2.117 Triliun
Bill dan Melinda Gates (Instagram @thisisbillgates)

Bagikan:

JAKARTA - Perceraian Bill Gates dan mantan istrinya Melinda tengah hangat diperbincangkan di seluruh dunia. Banyak yang mempertanyakan bagaimana mereka membagi dua aset kekayaannya.

Seperti yang diketahui, Gates tercatat sebagai orang terkaya keempat di dunia dengan kekayaan bersih 146 miliar dolar AS. Hasil kekayaan Gates tentu saja sebagian besar karena ia adalah salah satu pendiri Microsoft.

Gates sendiri juga seorang filantropi terkenal yang telah menyalurkan lebih dari miliaran dolar untuk penelitian dan kegiatan amal selama pandemi corona. Dia telah memberikan lebih dari 50 miliar dolar AS untuk amal sejak 1994. Namun, kekayaannya tumbuh lebih cepat daripada dia menyumbangkan uang.

Bagaimanapun jika aset mereka terbagi, Gates kemungkinan akan tetap menjadi orang terkaya di dunia setelah perceraian mereka. Berikut 10 fakta mencenangkan yang menunjukkan betapa kayaknya Bill Gates yang dikutip dari berbagai sumber, Selasa 4 Mei.

1. Kekayaan Bill Gates Naik Selama Pandemi

Laporan Bussines Insider mencatat, kekayaan bersih Gates diperkirakan mencapai 105 miliar dolar AS. Dia hampir 70 miliar dolar AS lebih kaya daripada lima tahun lalu pada tahun 2016. Di samping itu, Gates juga menghasilkan sekitar 4.630 dolar AS per detik.

2. Butuh 400 Tahun Habiskan Uang Gates

Jika Gates menghabiskan 1 juta dolar AS sehari, dia akan membutuhkan lebih dari 400 tahun untuk menghabiskan kekayaannya.

Meskipun Gates menikmati beberapa kemewahan seperti pesawat pribadi dan rumah besar di Washington yang sekarang bernilai 125 juta dolar AS, miliarder ini dikenal relatif hemat dalam pengeluarannya.

3. Lebih Kaya dari Keluarga Kerajaan Inggris

Menurut Forbes, keluarga kerajaan Inggris diperkirakan memiliki kekayaan 88 miliar pada 2017. sedangkan Bill Gates memiliki kekayaan sekitar 66 persen dari kerajaan tersebut.

4. Saham Gates di Microsoft

Meskipun Gates memperoleh kekayaannya sebagai salah satu pendiri Microsoft dengan Paul Allen, dia hanya memiliki 1,3 persen dari perusahaan tersebut pada 2019, dan dia masih memiliki kekayaan sebesar 146 miliar hingga kini.

Tidak jelas berapa persentase perusahaan yang sekarang dimiliki Gates setelah dia mengundurkan diri sebagai direktur Microsoft pada Maret 2020 lalu.

5. Sering Beramal

Gates tetap menjadi orang terkaya keempat di dunia bahkan setelah memberikan setidaknya 41 miliar dolar AS untuk amal selama bertahun-tahun. Gates dan mantan istrinya mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation pada tahun 2000, yang sekarang menjadi yayasan amal swasta terbesar di dunia dan berfokus pada kesehatan juga kemiskinan global.

Bapak teknologi itu juga telah mendonasikan 35,8 miliar dolar AS saham Microsoft kepada Bill & Melinda Gates Foundation.

Sedangkan, pada 2010, Gates dan Warren Buffett mendirikan The Giving Pledge, sebuah organisasi amal yang mendorong orang-orang terkaya di dunia untuk memberikan sebagian besar kekayaan mereka untuk amal selama hidup mereka atau setelah kematian mereka.

Dia juga menginvestasikan 50 juta dolar AS untuk penelitian Alzheimer dan 30 juta dolar AS lainnya untuk dana dengan tujuan mendiagnosis Alzheimer lebih awal.

6. Lebih Tajir dari Konglomerat Asia dan China

Gates lebih kaya dari gabungan orang terkaya di Asia dan orang terkaya di China. Misalnya saja pengusaha India Mukesh Ambani, dengan kekayaan 74,7 miliar dolar AS, adalah orang terkaya di Asia.

Menurut Indeks Miliarder Bloomberg, miliarder air kemasan dan vaksin Zhong Shanshan memiliki 66,3 miliar dolar AS adalah orang terkaya di China. Tetapi tetap saja tak dapat mengalahkan Gates.

7. Gates dapat Menghidupi Seluruh Manusia di Bumi

Gates dapat memberi setiap orang yang hidup di planet ini 15 dolar AS, dan ia masih memiliki sisa 28 miliar dolar AS. Tercatat, populasi dunia adalah 7.874.758.042 pada Mei 2021.

8. Hanya Membutuhkan 1,5 Jam untuk Hasilkan Rp31,7 Miliar

Rata-rata pria Amerika dengan gelar sarjana memiliki total penghasilan sekitar 2,2 juta dolar AS atau Rp 31,7 miliar seumur hidupnya, sedangkan perempuan dengan gelar sarjana umumnya mendapatkan sekitar 1,3 juta dolar AS selama hidupnya. Namun, Gates hanya butuh satu setengah jam untuk menghasilkan jumlah tersebut.