Perceraian Melinda-Bill Gates dan Pengaruhnya pada Gerakan Amal Dunia
Bill dan Melinda Gates (Sumber: Commons Wikimedia)

Bagikan:

JAKARTA - Melinda dan Bill Gates mengumumkan rencana perceraian mereka. Tak seperti pasangan suami istri yang lain, barangkali. Rencana perceraian Melinda dan Bill akan berimplikasi luas terhadap banyak hal, terutama dalam gerakan amal di dunia.

Melinda dan Bill menetapkan visi strategis senilai 50 miliar dolar AS untuk Bill and Melinda Gates Foundation. Bill and Melinda Gates Foundation menghabiskan 5 miliar dolar AS per tahun untuk menjalankan fungsi yayasan, seperti menangani masalah pendidikan di AS dan pemberantasan penyakit di dunia.

Pengumuman pisah Melinda dan Bill diunggah berbarengan di akun Twitter keduanya. Usai memberi pengumuman, Melinda menambahkan nama anak gadisnya, 'French', di profil Twitter: Melinda French Gates.

Melinda ataupun Bill menyatakan akan melanjutkan pekerjaan bersama di yayasan. “Tapi kami tidak lagi percaya kami bisa tumbuh bersama sebagai pasangan di fase selanjutnya dalam hidup kami,” tulis keduanya.

Berimplikasi pada gerakan amal dunia

Gates adalah pasangan filantropi paling terkenal di AS, bahkan dunia. Keduanya memiliki pengaruh besar, dengan kekuasaan dan ketokohan, Gates mampu melobi kebijakan pemerintah dan menginspirasi miliarder lain untuk menyumbangkan uang mereka.

Seorang juru bicara Gates Foundation mengatakan tak ada perubahan signifikan dalam rencana pekerjaan yayasan. Baik Melinda ataupun Bill, keduanya akan tetap menjadi ketua bersama dan pengawas yayasan atas nama mereka.

"Mereka akan terus bekerja sama untuk membentuk dan menyetujui strategi yayasan, mengadvokasi masalah yayasan, dan menetapkan arah keseluruhan organisasi," kata juru bicara yayasan, dilansir VOX, Selasa, 4 Mei.

Usai mendirikan Microsoft beberapa dekade lalu dan mengembangkannya secara signifikan bertahun-tahun setelahnya, Bill kini makin disibukkan dengan pekerjaan amalnya. Ia bahkan telah mengundurkan diri dari dewan Microsoft tahun lalu.

Sementara, Melinda adalah karyawan Microsoft yang sejak awal bergabung bersama perusahaan. Melinda turut aktif di yayasan. Di lain tempat, Mellinda mengembangkan minatnya sendiri untuk isu-isu perempuan lewat Pivotal Ventures.

Terkait kekayaan keluarga Gates yang harus diurai, keluarga Gates adalah pemilik tanah pertanian terbesar di AS. Perkara ini pasti jadi rumit.

Keluarga Gates memiliki kekayaan bersih lebih dari 100 miliar dolar AS. Dan perpisahan mereka bisa jadi mencatat rekor penyelesaian perkara perceraian terbesar untuk periode ini.

Sebelumnya, rekor itu dipegang oleh Jeff Bezos, ketika pendiri Amazon itu bercerai dengan istrinya, MacKenzie Scott. Kala itu penyelesaian perkara perceraian mereka bernilai 36 miliar dolar AS.

*Baca Informasi lain soal BILL GATES atau baca tulisan menarik lain dari Yudhistira Mahabharata.

 

BERNAS Lainnya