Tidak Ada Perjanjian Pranikah dengan Bill Gates, Melinda Gates Bisa Jadi Wanita Terkaya Kedua di Dunia
Melinda Gates. (Wikimedia Commons/DFID - UK Department for International Development)

Bagikan:

JAKARTA - Pasangan multi-miliuner Bill Gates dan Melinda Gates secara mengejutkan mengumumkan perceraian mereka setelah menikah selama 27 tahun, melalui akun Twitter Bill Gates. Sebagai salah satu pasangan terkaya di dunia, Bill dan Melinda memiliki harta bersama sebesar 146 miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp2.177 triliun.

Dalam petisi perceraiannya di Pengadilan superior King County, Seattle, Washington, Senin 3 Mei, Melinda meminta pengadilan untuk membagi kekayaan gabungan dirinya dengan Bill Gates. Langkah yang bisa membuat Melinda, dermawan dan juru kampanye pemberdayaan perempuan bisa menjadi wanita terkaya kedua di dunia, dengan kekayaan diperkirakan mencapai 73 miliar dolar Amerika Serika.

Perpecahan 50-50 kemungkinan karena pengajuan petisi perceraian juga mengungkapkan, pasangan yang menikah pada tahun 1994 ini tidak menandatangani perjanjian pranikah. Dan, di bawah hukum Negara Bagian Washington pasangan yang bercerai diharapkan. untuk membagi aset mereka secara merata.

Jika itu terus berlanjut, Melinda French Gates, yang baru-baru ini memperkenalkan nama gadisnya French ke profil media sosialnya, akan berada di belakang Françoise Bettencourt Meyers, pemilik L'Oreal berusia 67 tahun, yang kekayaan warisannya sekarang bernilai sekitar 83 miliar dolar Amerika Serikat.

Menurut indeks miliarder Bloomberg, Bill Gates saat ini menduduki peringkat keempat terkaya di dunia, dengan total kekayaan sekitar 146 miliar dolar Amerika Serikat. Namun, dia akan jauh lebih kaya dan mungkin masih orang terkaya di dunia, jika dia belum memberikan setidaknya 40 miliar dolar Amerika Serikat untuk amal pasangan itu, Bill and Melinda Gates Foundation.

melinda gates
Melinda Gates. (Wikimedia Commons/Chatham House)

Perceraian juga mempertanyakan masa depan upaya filantropi pasangan melalui yayasan, yang juga menarik uang tunai dari donor lain, mulai dari sesama miliarder Warren Buffett hingga pemerintah Inggris. 

Sementara pasangan itu mengatakan mereka akan tetap menjadi ketua bersama yayasan, beberapa ahli menyarankan, pasangan yang bercerai mungkin memiliki pandangan yang berbeda dan sangat kuat tentang arah amal di masa depan.

Ini adalah yayasan yang luas, mempekerjakan 1.600 staf yang berbasis di Seattle, yang telah memberikan 50 miliar untuk proyek-proyek di 135 negara sejak didirikan pada tahun 2000 dan masih memiliki aset senilai 43 miliar dolar Amerika Serikat

Yayasan ini berfokus pada proyek untuk meningkatkan perawatan kesehatan global, pendidikan dan kesetaraan gender dengan ambisi besar, penawaran untuk memberantas beberapa penyakit, seperti polio, sepenuhnya. 

Selai itu, yayasan amal ini juga memberikan dukungan jika terjadi bencana alam. Tahun lalu, yayasan menyediakan 1,8 miliar dolar Amerika Serikat untuk pasokan medis darurat virus corona, APD dan vaksin. Kemudian, 2 miliar dolar Amerika Serikat dialokasikan untuk mencoba dan membasmi malaria dalam satu generasi dan 1,6 miliar dolar Amerika Serikat untuk membantu siswa kulit berwarna di AS. Situs web The Guardian’s Global Development didukung oleh yayasan.

"Karena Gates Foundation adalah yayasan keluarga dan Gates memisahkan keluarga mereka, perceraian mungkin berdampak besar bagi yayasan dan pekerjaannya di seluruh dunia," terang Rob Reich, profesor ilmu politik di Universitas Stanford, seperti melansir The Guardian, Rabu 5 Mei.

Properti komunitas

Kekayaan pribadi pasangan yang luar biasa termasuk rumah utama mereka yang berukuran 66.000 kaki persegi yang menghadap ke Danau Washington yang bernilai 130 juta dolar Amerika Serikat, dan serangkaian rumah liburan seperti rumah pantai tepi pantai senilai 43 dolar Amerika Serikat juta di dekat San Diego, sebuah peternakan senilai 59 juta dolar Amerika Serikat di Florida dan peternakan seluas 492 acre di Wyoming.

Selain portofolio properti, pasangan itu memiliki beberapa jet pribadi dan armada mobil, termasuk Porsche 959 seharga 2 juta dolar Amerika Serikat dan Porsche Taycan listrik. Rumah utama mereka di Madinah, di seberang Danau Washington dari Seattle, memiliki garasi yang dapat menampung hingga 23 mobil.

Kediaman Bill dan Melinda Gates
Kediaman Bill Gates. (Wikimedia Commons/Madeline Stone)

Rumah utama mereka, yang dikenal sebagai Xanadu 2.0 setelah tanah fiksi luas Charles Foster Kane dalam film tahun 1941, Citizen Kane, dibangun dari 500 pohon cemara Douglas dan menampilkan tidak kurang dari enam dapur.

Terdapat juga pool house dengan kolam renang setinggi 60 kaki dengan sound system bawah air, sedangkan bagi yang ingin berolahraga tanpa basah tersedia ruang trampolin.

Di rumah utama adalah perpustakaan seluas 2.100 kaki persegi dengan atap kubah. Di langit-langit ada kutipan terukir dari The Great Gatsby. Perpustakaan ini adalah rumah bagi Codex Leicester, manuskrip Leonardo da Vinci abad ke-16 yang dibeli Gates di lelang seharga 31 juta dolar Amerika Serikat pada tahun 1994.

Ballroom seluas 2.300 kaki persegi dapat menampung hingga 150 orang untuk makan malam formal, atau menampung 200 orang untuk pesta koktail.

Gates juga merupakan salah satu pemilik swasta terbesar dari tanah pertanian di AS, dengan sekitar 242.000 hektar di 18 negara bagian berbeda yang bernilai sekitar 700 juta dolar Amerika Serikat. Sebagai perbandingan, kepemilikan tanah hampir seluas Hong Kong.

Negara bagian Washington adalah salah satu dari sedikit negara bagian Amerika Serikat dengan apa yang disebut undang-undang 'properti komunitas', yang menganggap, sebagian besar properti yang diperoleh selama perkawinan adalah milik bersama pasangan dan harus dibagi rata. Pasangan Bill Gates dan Melinda Gates dijadwalkan tampil di pengadilan pada April 2022.