5 Orang Terkaya di Dunia 2022 Versi Forbes: Pemilik Twitter Berada di Posisi Puncak
Ilustrasi orang kaya (unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Majalah bisnis dan finansial Amerika Serikat Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di dunia 2022. Seperti diketahui, Forbes merilis daftar orang kaya di dunia setiap tahunnya, termasuk tahun ini. Beberapa tokoh yang masuk daftar Forbes cukup akrab di telinga, salah satunya pemilik media sosial Twitter.

Daftar Orang Terkaya di Dunia 2022

Dilansir dari Forbes, Selasa 6 Desember, beberapa miliarder kehilangan kekayaan hingga membuatnya kehilangan statusnya sebagai miliarder, khususnya yang berasal dari Rusia. Di negara tersebut bahkan ada 34 tokoh yang kehilangan hartanya karena perang yang tengah terjadi antara Rusia dan Ukraina.

Hal serupa juga terjadi di China. Di negara tersebut, sebanyak 87 milliarder kehilangan statusnya sebagai miliarder karena ketatnya pengawasan pemerintah setempat terhadap perusahaan teknologi.

Namun, Forbes menemukan lebih dari 1.000 miliarder menjadi lebih kaya dibanding tahun lalu. Forbes juga mendeteksi adanya 236 miliarder baru dalam satu tahun terakhir. Beberapa miliarder baru tersebut berasal dari Barbados, Bulgaria, Estonia, dan Uruguay.

Meski demikian Amerika masih menduduki peringkat atas sebagai negara dengan miliarder terbanyak di dunia, yakni sebanyak 735 orang dengan jumlah kekayaan kolektif mencapai 4,7 triliun dollar Amerika Serikat.

Berikut ini daftar 10 orang terkaya di dunia versi Forbes paling baru.

  1. Elon Musk (Rp3.430 Triliun)

Posisi pertama sebagai orang terkaya di dunia ditempati oleh Elon Musk. Beberapa perusahaan yang dibangun Elon Musk seperti Tesla, SpaceX, dan Boring Company. Elon juga baru saja mengakuisisi perusahaan media sosial Twitter. Harta kekayaan Elon tercatat mencapai 219 miliar dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp3.430 triliun.

  1. Jeff Bezos (Rp2.678 Triliun)

Nama Jeff Bezos juga tidak asing di telinga. Ia adalah pendiri e-commerce terbesar di dunia yakni Amazon. Perusahaan tersebut didirikan pada tahun 1994. Namun pada tahun 2021, Bezos memutuskan untuk mundur dari kursi CEO dan berpindah menjadi ketua eksekutif. Jumlah kekayaan Bezos diperkirakan mencapai 171 miliar dolla Amerika Serikat atau sekitar Rp2.678 triliun.

  1. Bernard Arnault (Rp2.474 Triliun)

Bernard Arnault kini menjabat sebagai CEO LVMH Group, perusahaan multinasional yang fokus pada barang mewah. Perusahaan tersebut berbasis di Paris, Prancis.

Bernard Arnault melalui LVMH Group tidak hanya membawahi 70 merek fesyen dan kosmetik besar dunia, namun juga berhasil mengakuisisi toko perhiasan klasik Amerika Tiffany & Co. Kini jumlah harta kekayaannya mencapai 158 miliar dollar Amerika Serikat atau Rp2.474 triliun.

  1. Bill Gates (Rp2.020 triliun)

Bill Gates adalah salah satu pendiri perusahaan Microsoft. Selain itu kini ia menjabat sebagai Cochair Bill & Melinda Gates Foundation. Harta kekayaan Bill Gates pada tahun 2021 mencapai 124 miliar dollar Amerika Serikat, sedangkan pada tahun 2022 hartanya menjadi 129 miliar dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp2.020 triliun.

  1. Warren Buffett (Rp1.848 miliar)

Berbeda dari nama-nama sebelumnya, Warren Buffett justru dikenal sebagai investor tersukses di dunia. Meski demikian ia memiliki puluhan perusahaan seperti Geico, Duracell, dan Dairy Queen.

Pria yang memiliki julukan "Oracle of Omaha," itu tercatat memiliki harta kekayaan sebesar 118 miliar dollar Amerika Serikat atau setara dengan Rp1.848 miliar.

Itulah beberapa orang terkaya di dunia 2022. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.