Bagikan:

JAKARTA – Harga bitcoin sempat tembus all-time high pada angka 64 ribu dollar AS (sekitar Rp939,7 juta) pada 14 April kemarin. Melantainya platform perdagangan uang kripto bernama Coinbase juga ikut membuat harga bitcoin cs meroket dalam beberapa pekan terakhir.

Beberapa hari kemudian harga bitcoin mengalami penurunan hingga menyentuh 57 ribu dollar AS (setara Rp828,8 juta). Fenomena kenaikan harga bitcoin ini memicu komentar dari berbagai pihak termasuk dari bos Microsoft.

Sebelumnya, Bill Gates pernah meramalkan berakhirnya pandemi dalam beberapa tahun ke depan. Mantan CEO Microsoft itu meyakini bahwa bitcoin cs akan bertambah buruk setiap harinya. Gates pesimis terhadap masa depan uang kripto.

Seorang analis pasar saham mengatakan via kanal YouTube MHFIN bahwa “Gates telah berbicara tentang cryptocurrency cukup lama.”

“Jelas sekali dia bukan penggemar. Tapi mengapa dia masih pesimis tentang uang kripto dan mengapa dia memprediksi (bitcoin) mengarah pada kehancuran total?”

Dalam video YouTube yang ditayangkan di kanal MHFIN dengan tajuk “Bill Gate: The Bitcoin Panic of 2021”, video bergulir pada Gates yang mebahas koin pada 2013 lalu.

“Saya pikir ini adalah ‘tour de force’. Ini adalah area di mana pemerintah akan mempertahankan peran dominannya,” kata Gates.

Sang analis pasar lalu mengalihkan video ke interviu Gates pada 2021 guna melihat pendapat Gates apakah berubah atau tidak.

“Saya tidak punya Bitcoin, saya tidak mempersingkatnya, jadi saya mengambil pandangan netral,” ungkap Gates.

“Memindahkan uang ke dalam bentuk digital dan menurunkan biaya transaksi adalah sesuatu yang dilakukan Gates Foundation di negara berkembang.”

“Tapi di sana kami melakkannya agar Anda bisa membalikkan transaksi sehingga Anda punya visibilitas total tentang siapa yang melakukan apa,” tambahnya.

Di sisi lain, Gates juga berpendapat bahwa Bitcoin bisa naik dan turun akibat adanya tren dan siapa pun tidak bisa memprediksi lajunya.

“Tapi Bitcoin bisa naik dan turun hanya berdasarkan tren. Anda tidak punya cara untuk memprediksi bagaimana kemajuanya,” ungkap Gates seperti yang dikutip dari Express.