Bill Gates Kembali Puncaki Daftar Orang Terkaya Dunia, 1 Maret 2016
Pendiri Microsoft, Bill Gates. (Wikimedia Commons)

Bagikan:

JAKARTA - Hari ini, delapan tahun yang lalu, 1 Maret 2016, Majalah Forbes kembali mendaulat pendiri raksasa perangkat lunak Microsoft, Bill Gates memuncaki daftar orang terkaya di dunia. Forbes menyebut kekayaan bersih yang dimiliki gates mencapai 78,3 miliar dolar AS.

Sebelumnya, upaya Gates mendirikan Microsoft bawa untung besar. Produk perangkat lunak (sistem operasi) komputernya laris manis di pasaran. Kondisi itu membuat pundi-pundi pendapatan Bill Gates bertambah. Ia menjelma jadi orang terkaya dunia.

Tiada yang menyangkal kontribusi Bill Gates mengembangkan dunia teknologi. Perusahaan rintisannya, Microsoft muncul bak penentu komputer dapat diakses semua orang. Semuanya bermula dari kegemaran Gates mendalami dunia pemrograman komputer.

kegemaran itu bermula dari Gates kecil. Aktivitas itu kerap menyita waktunya mempelajari selut beluk teknologi komputer hingga masuk perguruan tinggi. Kerja keras itu tak mengkhianati hasil. Sekalipun ia harus merelekan dirinya drop out dari Universitas Harvard.

Bill Gates kembali dinobatkan sebagai orang terkaya dunia pada 1 Maret 2016. (Wikimedia Commons)

Bill Gates menganggap semuanya terbalas dengan kemunculan Microsoft yang telah mengeluarkan produk inovatif sedari 1975. Produk sistem operasinya dari MS-DOS hingga Microsoft Windows digemari produsen komputer besar, IBM.

Sistem operasi itu membuat komputer dapat diakses semua orang. Kerja sama itu membawa keuntungan melimpah bagi Microsoft. Sebab, hampir setiap komputer yang ada di pasaran sistem operasinya berasal dari Microsoft.

Keberhasilan itu membuat Gates kecipratan manfaat. Pundi-pundi pendapatannya kian gemuk. Bahkan, kekayaannya meningkat tiap tahun. Semuanya karena Gates memiliki porsi besar saham individu. Kondisi itu kemudian membuat nama Gates dikenal sebagai orang berpengaruh di bidang teknologi.

Microsoft pun berkembang pesat. Sistem operasinya jadi kegemaran segenap orang di penjuru dunia. suatu kondisi yang membuat Gates mulai memuncaki kejayaan sebagai orang terkaya dunia sedari 1986. Status yang notabene membuat Bill dikenal sebagai seorang yang royal dalam kegiatan sosial.

Kantor Pusat Microsoft Corporation di Redmond, Washington, AS pada 30 Maret 2016. (Wikimedia Commons)

“Sebagian besar karena kekuatan kesuksesan Microsoft, Gates mampu mengumpulkan kekayaan yang sangat besar sebagai pemegang saham individu terbesar. Ia jadi miliarder pada tahun 1986, dan dalam satu dekade, kekayaan bersihnya telah mencapai puluhan miliar dolar—menjadikannya sebagai individu terkaya di dunia,” tertulis dalam laman Britannica.

Kiprah Bill Gates sebagai pemuncak daftar orang kaya di dunia bertahan lama. Majalah Forbes bahkan kembali mendaulat Gates memuncaki daftar orang terkaya dunia pada 1 Maret 2016. Gelar itu didapat Bill Gates karena ia tercatat memiliki harta 78,3 miliar dolar AS.

Total kekayaan itu memaksa pengecer pakaian Spanyol dan pendiri toko-toko merek Zara, Amancio Ortega berada di urutan kedua dengan kekayaan bersih sebesar 67 miliar dolar AS. Tokoh investasi Amerika Warren Buffet di peringkat ketiga dengan kekayaan bersih 60,8 miliar dolar AS.

“Bill Gates adalah orang terkaya di dunia dengan kekayaan bersih 78,3 miliar dolar AS. Perjalanannya cukup panjang, mulai dari drop out hingga jadi maestro teknologi. Gates mulai tertarik pada komputasi pada usia 13 tahun.”

“Gates keluar dari Harvard pada tahun 1975 untuk mendirikan Microsoft bersama Paul Allen. Dia terkenal menciptakan perangkat lunak di garasi Albuquerque, New Mexico,” ujar Katie Sola dalam tulisannya di laman Forbes berjudul Bill Gates In Photos: The Rise Of The World's Richest Man (2016).