Lewat Buku 'How to Prevent the Next Pandemic', Bill Gates Panjang Lebar Bicara Soal COVID-19 Pandemi Terakhir
Foto via Twitter (@BillGates)

Bagikan:

JAKARTA - Dua tahun Bill Gates tenggelam dalam berbagai diskusi dan penelitian. Pemikiran itu semua dituangkan dalam buku terbaru pendiri Gates Foundation ini.

Miliarder dan pendiri Microsoft Bill Gates yakin COVID-19 bisa menjadi pandemi terakhir. Namun dia tidak bisa memastikan di masa mendatang tidak akan ada pandemi baru.

Bill Gates kembali mengingatkan dunia tentang perlunya memprioritaskan "penghapusan" pandemi sebagai ancaman bagi umat manusia, sebagaimana ia uraikan dalam buku barunya yang bakal beredar Mei mendatang.

"Saya telah menulis sebuah buku tentang bagaimana kita dapat memastikan dunia tidak pernah menderita melewati sesuatu (pandemi) seperti COVID-19 lagi," tulis Bill Gates dalam blog pribadinya, dikutip dari The Cable, Minggu 20 Februari.

Bill juga sadar pernyataannya bahwa COVID-19 bisa menjadi pandemi terakhir memang sulit dipercaya ketika seluruh dunia hingga sekarang masih berjuang mengendalikan COVID.

Dua tahun terakhir, kata Bill Gates, telah menyebabkan sejumlah besar kesulitan yang luar biasa di seluruh dunia, dan tidak mudah untuk merasa optimistis ketika harus menanggung kesengsaraan yang dialami begitu banyak orang.

“COVID hanya memperjelas bahwa dunia perlu memprioritaskan penghapusan pandemi sebagai ancaman bagi kemanusiaan. Saya telah mengikuti COVID sejak hari-hari awal wabah, bekerja dengan para ahli dari dalam dan luar Gates Foundation yang memperjuangkan tanggapan yang lebih adil dan telah memerangi penyakit menular selama beberapa dekade.

“Saya telah belajar banyak dalam prosesnya — baik tentang pandemi ini dan bagaimana kita menghentikan yang berikutnya — dan saya ingin berbagi apa yang saya dengar dengan orang-orang. Jadi, saya mulai menulis buku tentang bagaimana kita dapat memastikan bahwa tidak ada yang menderita melalui pandemi lagi.”

Dia mengatakan bahwa buku yang diluncurkan pada 3 Mei 2022 itu berisi rencana langkah demi langkah, inovasi, dan alat tentang cara menghentikan patogen sejak dini secara adil.

Dia juga mengatakan bahwa dia menguraikan proses yang dapat digunakan untuk memberikan perawatan kesehatan yang lebih baik untuk semua orang secara global.

“Dalam buku itu, saya memaparkan langkah-langkah spesifik yang dapat kita ambil untuk tidak hanya menghentikan pandemi di masa depan tetapi, dalam prosesnya, memberikan perawatan kesehatan yang lebih baik untuk semua orang di seluruh dunia. Saya menguraikan pelajaran yang dapat kita pelajari dari pandemi ini, inovasi yang kita butuhkan untuk menyelamatkan nyawa, dan alat baru yang kita butuhkan untuk menghentikan patogen lebih awal dan adil,” tambah Gates.