Gara-Gara TikTok, Pandemi dan Biaya Seluler  di India, Pengguna Facebook Turun Drastis, Instagram Bagaimana?
ZSerbuan TikTok dan Pandemi, buat pendapat Meta Platform inc, turun drastis. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - TikTok, pandemi dan biaya data seluler di India, semua itu telah membantu  orang menjauh untuk menjauh dari Facebook pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya pada kuartal terakhir tahun lalu. Lalu kapan giliran Instagram?

Seorang peramal, Insider Intelligence, sebelumnya tidak pernah memperkirakan layanan media sosial Instagram milik Meta Platforms Inc  akan kehilangan pengguna dalam tiga tahun ke depan. Tetapi perkiraan November lalu menunjukkan pertumbuhan Instagram dalam pengguna bulanan akan turun menjadi 5,8% tahun ini dan 3,1% pada tahun 2025 dibandingkan penurunan 16,5% pada tahun lalu.

Instagram, yang diakuisisi oleh raksasa teknologi ini pada tahun 2012 seharga  1 miliar dolar AS, telah dipandang sebagai penangkal perlambatan pertumbuhan di Facebook. Bahkan  pendapatan dari iklan di Instagram kini semakin penting bagi Meta.

Meta Platform Inc, menempatkan dana tersebut untuk membangun bisnis baru yang menjual kacamata virtual-reality dan teknologi metaverse terkait. Penurunan pengguna Instagram dan ketidakmampuan untuk menaikkan harga iklan dapat menghentikan ambisi Kepala Eksekutif Meta, Mark Zuckerberg.

Kini lebih sedikit orang yang memeriksa Facebook mereka, setiap hari per kuartal daripada yang mereka lakukan tahun sebelumnya. Tren ini adalah untuk pertama kalinya selama tiga bulan terakhir tahun 2021, kata sumber Meta seperti dikutip Reuters, pada Rabu, 2 Februari.

Itu adalah salah satu dari beberapa tanda yang mengganggu, bersama dengan laba di bawah ekspektasi dan prospek pendapatan yang mengecewakan, yang akhirnya menjatuhkan saham Meta lebih dari 26% pada  Kamis, 3 Februari.  

Chief Financial Officer Meta, Dave Wehner, pada  Rabu, 3 Februari  mengatakan kepada analis keuangan bahwa bagian dari penurunan penggunaan untuk aplikasi dan situs web utama Facebook hanya sedikit yang berasal dari lockdown COVID-19, karena pandemi malah cenderung menghasilkan ledakan aktivitas online.

Sebaliknya Wehner malah menyalahkan kenaikan biaya internet bagi konsumen di India dan meningkatnya minat pada aplikasi berbagi video ByteDance Inc, TikTok.

Meta tidak secara teratur menghentikan penggunaan Instagram, tetapi analis mengatakan TikTok juga mengganggu pertumbuhan Instagram.

Facebook, sampai taraf tertentu, dan Instagram telah mengatasi tantangan sebelumnya, termasuk bencana privasi data, pengawasan atas kesejahteraan pengguna dan persaingan dari Snapchat  milik  Snap Inc, Twitter Inc  dan banyak lainnya selama bertahun-tahun.

Memang, Instagram telah menginvestasikan miliaran dolar ke dalam fitur terkait video, seperti opsi gaya TikTok yang disebut Reels. Zuckerberg mengatakan kepada analis pada Rabu lalu bahwa Reels adalah format konten yang paling cepat berkembang "sejauh ini" dan kontributor terbesar untuk pertumbuhan keterlibatan di Instagram.

Analis mengatakan Reels pada akhirnya bisa menjadi penghasil pendapatan yang lebih besar daripada iklan yang dipasang pada posting foto dan teks. Namun dalam tantangan ke depan, Zuckerberg mencatat, Reels belum cukup populer untuk menarik penjualan iklan yang dilakukan fitur-fitur lama.