TikTok Kuasai Dunia di 2021, Instagram dan Facebook Bye!
TikTok memantapkan dirinya sebagai aplikasi paling populer tahun ini. (foto" dok. tiktok)

Bagikan:

JAKARTA - Tahun ini berbagai aplikasi seluler baik itu yang dimiliki jejaring sosial maupun platform streaming film terus berlomba-lomba menduduki peringkat teratas, seperti TikTok misalnya.

Karena pandemi belum usai, tingginya akses aplikasi dipergunakan untuk belanja, kebutuhan hiburan, komunikasi dan bekerja dari rumah. Banyak juga dari mereka yang menghabiskan waktu luang menggunakan layanan streaming film seperti Netflix.

Pengguna Instagram juga terlihat semakin bertumbuh, dan tetap terhubung melalui Zoom dan Facebook. Namun, TikTok memantapkan dirinya sebagai aplikasi paling populer tahun ini.

Perusahaan analisis aplikasi, Apptopia menobatkan TikTok menjadi aplikasi paling populer di 2021. Data ini diambil dari susunan daftar aplikasi yang paling banyak diunduh pada tahun 2021, dan aplikasi berbagi video meraih posisi teratas di antara pengguna global.

Melansir CNET, Jumat, 31 Desember, Apptopia mengumpulkan data dari toko aplikasi seluler untuk memeriksa kategori mana yang paling berkembang dan merek mana yang mendapatkan jumlah unduhan tertinggi.

Menganalisis informasi dari Google Play dan App Store iOS, perusahaan menentukan 10 aplikasi seluler teratas di Amerika Serikat (AS) dan dunia. TikTok milik ByteDance duduk di tempat pertama di kedua grafik negara tersebut.

Menurut daftar global Apptopia, TikTok memiliki 656 juta unduhan pada tahun 2021. Diikuti oleh Instagram 545 juta, Facebook 416 juta, WhatsApp 395 juta, Telegram 329 juta, dan Snapchat 327 juta.

Sementata Zoom meraih 300 juta unduhan, Messenger 268 juta, CapCut 255 juta dan Spotify 203 juta. Tercatat bahwa ByteDance juga merupakan perusahaan induk untuk CapCut, ini adalah aplikasi pengeditan video gratis yang memungkinkan pengguna membuat dan mengedit klip, yang kemudian dapat diekspor ke TikTok.

Di AS, sebanyak 94 juta unduhan TikTok mengungguli Instagram 64 juta. Tapi 10 besar negara lainnya termasuk Snapchat 56 juta, Cash App 56 juta, Zoom 52 ​​juta, Messenger 51 juta, Facebook 47,3 juta, WhatsApp 47,2 juta, YouTube 47 juta dan HBO Max 45 juta. Di dalam negeri, HBO Max mengalahkan pesaing streaming TV-nya dan menggeser Netflix ke posisi kedua.

Jika dibandingkan dengan temuan Apptopia tahun 2020, TikTok masih menempati peringkat satu tetapi mengalami volume unduhan yang lebih tinggi tahun lalu secara global. Tetapi pada tahun 2021, unduhan aplikasi video di AS meningkat sebesar 6 juta.

Sebelumnya diwartakan, TikTok diklaim juga akan menjadi jejaring sosial terbesar ketiga di dunia, tepat di belakang Facebook dan Instagram pada 2022 berdasarkan data dari Insider Intelligence.

Perusahaan yang sebelumnya dikenal dengan nama eMarketer ini, menggunakan basis pemasangan aplikasi global TikTok. Mereka memperkirakan bahwa TikTok akan mencapai 755 juta pengguna bulanan pada tahun 2022, setelah melihat pertumbuhan 59,8 persen pada tahun 2020, diikuti oleh pertumbuhan 40,8 persen pada tahun 2021.

Sementara Facebook, pada pendapatan terbarunya melaporkan 2,91 miliar pengguna aktif bulanan setelah melihat pertumbuhan 6 persen dari tahun ke tahun (YoY). Insider Intelligence memprediksi Facebook akan mencapai 2,1 miliar pengguna bulanan pada tahun 2022.